MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar ( UTU) Meulaboh, Aceh Barat kembali mendapatkan prestasi yang membanggakan, setelah secara beruntun berhasil memenangkan sejumlah kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek.

Kali ini UTU berhasil mempersembahkan prestasi dalam hal PTN dengan jumlah terbanyak secara nasional meraih pendanaan dalam Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Tahun 2023.

UTU berhasil meluluskan 9 Proposal Organisasi Mahasiswa meraih pendanaan diktiristek. Dengan jumlah demikian menempatkan Universitas Teuku Umar berada di urutan 5 besar Nasional bersama Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Diperingkat pertama ada IPB University dan Universitas Negeri Yogyakarta dengan jumlah proposal sebanyak 13 subprpoposal. Diperingkat kedua ada Universitas Diponegoro dan Universitas Tidar dengan masing-masing 12 Sub Proposal. Diperingkat ketiga adalah 5 Universitas dengan masing-masing meraih 11 sub proposal yaitu, Universitas Jember, Universitad Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Pendidikan Indonesia dan Universitas Sebelas Maret.

Berikutnya diperingkat keempat ada 4 Universitas dengan jumlah subproposal masing-masing adalah 10 judul yaitu Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Jenderal Soedirman dan Universitas Dian Nuswantoro.

Informasi tersebut diketahui berdasarkan pengumuman oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diumumkan pada tanggal 14 Juni 2023 melalui surat 2379/E2/DT.01.01/2023 tentang penerima bantuan PPK Ormawa 2023.

Untuk wilayah regional Sumatera, menempatkan Universitas Teuku Umar sebagai Perguruan Tinggi dengan jumlah kelulusan proposal terbanyak berbanding perguruan tinggi  lainnya baik PTN maupun PTS.

Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si kepada Humas UTU Kamis (15/6/2023) menyampaikan apresiasi seraya mengucapkan selamat kepada mahasiswa dan dosen pembimbing dari tim Ormawa UTU yang proposalnya berhasil lolos seleksi ditingkat Nasional dan berhasil mendapatkan pendanaan tahun 2023.

”Alhamdulillah 9 Proposal PPK Ormawa UTU berhasil lolos seleksi akhir dan mendapatkan bantuan pendanaan dari kementerian. Ini patut kita syukuri,” Kata Dr. Ishak Hasan

Dr. Ishak Hasan mengharapkan kepada para dosen dan mahasiswa UTU untuk menjaga momentum tersebut. “Prestasi ini patut kita banggakan, dan sembari berharap untuk terus dapat ditingkatkan untuk masa yang akan datang,” Harap Dr. Ishak Hasan

“Alhamdulillah, dengan jumlah mahasiswa yang hanya 7.899 dan 432 orang dosen, UTU berhasil meluluskan 9 proposal PPK Ormawa, apalagi usia Universitas Teuku Umar yang masih seumur jagung jika dibandingkan dengan Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia,” Sebut Dr. Ishak Hasan dengan bangga.

Sebagai informasi, PPK Ormawa merupakan salah satu implementasi dari kebijakan Kemendikbudristek sebab mahasiswa dapat berlatih menjadi pemimpin transformasional dalam menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat.

Program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Proposal yang diajukan oleh PT merupakan kumpulan dari berbagai gagasan/ide/usulan kegiatan dari satu atau lebih Ormawa.

Gagasan/usulan kegiatan merupakan bentuk pengabdian atau pemberdayaan masyarakat yang disusun oleh Organisasi Kemahasiswaan resmi yang ada di perguruan tinggi, yang dapat diimplementasikan dalam berbagai program sesuai dengan topik yang dipilih. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)