MEULABOHUTU | Penguatan mutu dibidang akademik dan TLC (teaching learning process) terus dilakukan oleh Universitas Teuku Umar dengan target menerapkan konsep SPMI-PPEPP disetiap program dan aktifitas terkait.

Penguatan mutu pelayanan dan capaian akademik semakin menjadi penting yang sangat terkait dengan mutu dan daya saing UTU kedepan. Kegiatan yang dilaksanakan di Takengon pada tanggal 30 agustus- 2 September 2023 tersebut dalam bentuk workshop Revisi dokumen KPT Teuku Umar berbasis literasi RI 4.0, MBKM, OBE dan penyesuaian CPL dan Pengelompokan Standar Mutu Pendidikan sesuai dengan Permendikbudristek No. 53/2023 dihadiri oleh Rektor UTU, Wakil Rektor 1 dan 2, Kepala Biro serta tim revisi kurikulum UTU.

Dalam kegiatan tersebut Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si mengarahkan bahwa UTU harus terus mempercepat penguatan capaian mutu akademik melalui strategi yang telah dicanangkan oleh bidang akademik dan Kerjasama yaitu strategi penguatan dan percepatan capaian mutu (SPPCM) – UTU untuk melampaui SNDIKTI menuju PT Unggul.

Sementara Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc selaku penangungjawab kegiatan menyatakan bahwa UTU harus segera memacu percepatan capaian mutu akademuk dengan konsep “pelampauan SNDIKTI”  melalui SPPCM yang terstruktur, terkontrol, terukur dan terkendali secara berkelanjutan.

“Setelah melakukan penguatan akses Pendidikan tinggi dengan penambahan program studi baru, penguatan akreditasi, maka pelayanan dan prestasi akademik harus diutamakan yang dimulai dengan penguatan kurikulum sesuai dengan kebijakan terbaru pemerintah”, jelas M. Aman Yaman.

Lanjutnya, dokumen KPT-UTU telah dengan cepat direvisi dengan mengacu pada kebijakan baru yang menjadi syarat dalam meningkatkan capaian komponen-komponen akademik menuju APT Unggul. Dengan memiliki Dokumen KPT yang adaptif dan futuristic, maka seluruh fakultas dan program studi di UTU telah memiliki acuan yang jelas dan terbaru untuk menurunkannya. Hal ini sangat penting karena dengan memiliki kurikulum terbarukan maka akan berdampak pada kompetensi lulusan kedepan.

Dokumen KPT-UTU berbasis literasi RI 4.0, MBKM, OBE dan penyesuaian CPL dan Pengelompokan Standar Mutu Pendidikan sesuai dengan Permendikbudristek No. 53/2023 direncanakan akan diluncurkan pertengah September 2023 setelah disetujui oleh senat dan ditandatangani oleh Rektor. UTU nantinya. (Humas UTU).