MEULABOHUTU | Untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran civitas akademika terhadap kebakaran, Universitas Teuku Umar mengadakan sosialisasi penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di halaman Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU, Kamis (25/1/2024).

Kegiatan tersebut digagas oleh Kelompok Kerja Rumah Tangga dan Barang Milik Negara Biro Umum dan Keuangan, dengan kerjasama PT. Jannata Group Indonesia dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Barat.

Adapun peserta kegiatan berjumlah sekitar 200 orang, yang terdiri dari perwakilan masing-masing ruangan, seluruh petugas kebersihan, petugas keamanan, PLP dan Laboran lingkup Universitas Teuku Umar.

Kabiro Umum dan Keuangan, Zulfirman, SE., M.Si mewakili Rektor UTU saat membuka secara resmi sosialisasi Penggunaan APAR atau fire extinguisher bagi civitas akademika menyebutkan sosialisasi penggunaan APAR ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam menggunakan APAR sehingga dapat memadamkan dan mengendalikan kebakaran skala kecil.

Kegiatan sosialisasi di awali dengan pemberian materi di Aula Cut Nyak Dhien, GKT dari PT Jannata Group, BPBD Aceh Barat dan tim keamanan kampus tentang jenis APAR, ciri kondisi APAR yang siap pakai, dan klasifikasi sumber kebakaran yang dapat ditangani oleh APAR.

Kegiatan selanjutnya, tim dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa diajak untuk mengenal bagian-bagian dari APAR dan cara penggunaannya yang tepat. Diakhir sesi sosialiasasi, civitas akademika diberikan kesempatan berlatih menggunakan APAR dengan memadamkan api yang berasal dari gas dan kayu. Acara sosialisasi penggunaan APAR di UTU disambut antusias oleh civitas akademika. (Humas UTU).