MEULABOH, UTU – Universitas Teuku Umar (UTU) menggelar Pemilihan Duta Bahasa 2023 Tingkat Universitas di aula lama kampus setempat. Ajang bergengsi ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari tanggal 23 – 25 Mei 2023 dan diikuti puluhan  peserta dari berbagai program studi di lingkup UTU. Kegiatan ini mengusung tema Meraih Prestasi dengan Utamakan Bahasa Indonesia, Kuasai Bahasa Asing, dan Lestarikan Bahasa Daerah.

Ketua panitia pelaksana Rismawati M.Pd  menyampaikan, pemilihan duta bahasa ini sebagai ajang pemilihan figur generasi muda yang bertugas untuk mengkampanyekan dan menyosialisasikan penggunaan bahasa, baik bahasa nasional maupun bahasa internasional dengan baik, benar serta santun.

“Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan antusias dan kesadaran mahasiswa dalam berbahasa serta sportif jiwa yang berkualitas. Juga sebagai untuk mengaktualisasikan peran lembaga Bahasa UTU,” Ujarnya.

Adapun penilaian lomba meliputi kecakapan berbahasa, presentasi essay mengenai sedi budaya, uji kemahiran bahasa Indonesia (UKBI) dan Toefl. Selain itu para peserta menampilkan seni budaya menurut daerah mereka masing-masing. Beragam bahasa dan budaya ditampilkan pada acara tersebut.  Kegiatan tersebut dinilai oleh dewan juri pemilihan Duta Bahasa UTU, terdiri dari berasal dari berbagai latar belakang dan instansi.

Dalam pemilihan ini, ditetapkan Siti Arafah Carolina (Prodi Gizi) dan Arya Gading (Prodi Akuakultur) sebagai duta bahasa, Lilis Sartika (Prodi Ilmu Administrasi Negara) dan Agung Pradana Putra (Prodi Teknik Mesin) sebagai duta bahasa inspiratif dan Syarah Syabira Maulida Ch (Prodi Teknologi Informasi) dan Maulana Rafinda (Prodi Teknologi Informasi) sebagai duta bahasa favorit.

Para pemenang juga akan menjadi Duta UTU pada even pemilihan duta bahasa tingkat Provinsi. Pada penutupan kegiatan tersebut, Wakil Rektor II UTU, Prof. Nyak Amir M.Pd mengukuhkan duta bahasa terpilih. Ia berharap para pemenang untuk bersiap-siap mengikuti pemilihan duta bahasa provinsi dan mewakili Aceh ke tingkat nasional.

Ia juga  berharap pusat pengembangan kurikulum dan bahasa terus mengadakan pembinaan bahasa bagi seluruh mahasiswa guna membantu meningkatkan sumber daya manusia mahasiwa UTU pada umumnya. Pengukuhan dilakukan dengan pemasangan selempang duta bahasa UTU dan juga pembagian hadiah. **