MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar mengadakan pelaksanaan karantina pra Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) Pendanaan Tahun 2023 menuju Penilaian Kemajuan Pelaksaan PKM (PKP2) Belmawa.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis – Sabtu, 12-14 Oktober 2023 di Aula GKT, Lantai II Kampus UTU. Turut hadir Wakil Rektor II, Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd, Koordinator Pokja Prestasi Mahasiswa, Muhammad Idris, M.Pd, Korpus PKM Yarmaliza, SKM., M.Si, para juri Pra PKP2 UTU, dosen pendamping dan seluruh mahasiswa dari 19 Kelompok PKM.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber nasional dari tim Belmawa sekaligus reviewer nasional yaitu Dr. Ujang Suwarman, S.Hut., M.Sc.F.Trop dengan tema materi “sukses PKP2, selangkah lagi menuju PIMNAS”.

Wakil Rektor II Prof. Dr Nyak Amir dalam sambutannya menyampaikan progres pembinaan dan pendampingan pelaksanaan PKM Pendanaan Tahun 2023, bahwa setelah diumumkan lolos pendanaan pada tanggal 26 Mei 2023 dibawah koordinasi Bidang kemahasiswaan, ke 19 Kelompok Mahasiswa PKM UTU sudah mengikuti berbagai rangkaian pendamping PKM.

“Alhamdulillah pelaksanaan pendampingan terkait pelaksanaan PKM baik secara daring maupun luring yang dibimbing oleh Bapak Ibu Reviewer PKM UTU dengan koordinasi yang apik dari Korpus PKM berjalan sangat baik.  Selain itu, ke 19 Kelompok Mahasiswa PKM ini juga sudah mengikuti Bimbingan Teknis Pelaksanaan.

Lanjut Prof Nyak Amir oleh karena itu siapkan diri, siapkan berbagai pertanyaan yang akan di ajukan kepada narasumber. Harapan kita bersama, melalui kegiatan ini, ke 19 Kelompok Mahasiswa PKM UTU ini mendapat masukan yang lebih komprehesif sehingga mempertajam dan memperkaya laporan dan produk PKM untuk dilaporkan ke Simbelmawa. saya berharap kepada para dosen dan mahasiswa yang hadir untuk memanfaatkan kesempatan bersama narasumber.

“Saya mewakili Pimpinan juga mengucapkan terima kasih kepada narasumber, Korpus PKM dan dosen pembimbing yang telah membimbing seluruh mahasiswa 19 kelompok PKM,” tutup Wakil Rektor

Sementara itu Korpus PKM, Yarmaliza, M.Si menyampaikan  karantina pra Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) Tahun Pendanaan 2023 merupakan salah satu kebijakan Pimpinan Universitas Teuku Umar dalam pembinaan kreativitas mahasiswa UTU serta untuk mempersiapkan 19 Tim PKM Pendanaan Tahun 2023 dalam menghadapi Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) dari Belmawa.

Pelaksanaan pra PKP2 ini juga termasuk dalam rangkaian kegiatan pendampingan UTU sebagai perguruan tinggi pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Sebelumnya, UTU juga telah memberikan pendampingan dan bimbingan di antaranya melaksanakan monev tahap 1 dan monev tahap 2.

Lanjutnya, pihaknya berkomitmen untuk mendukung tim PKM UTU agar mampu memenuhi standar pelaksanaan PKM sebagaimana yang telah ditentukan oleh DIKTI terutama menyangkut administrasi dan lain-lain.

“Support system sangat penting, maka dari itu pusat PKM melaksanakan monev, agar pelaksanaan program PKM tidak terkendala di lapangan,” jelasnya.

“Harapan saya bisa merealisasikan apa yang telah dicita-citakan oleh Rektor, yakni tim PKM UTU berhasil masuk PIMNAS PKM 2023. “Maka dari itu kami dan Tim PKM center UTU berusaha semaksimal mungkin dalam kegiatan Monev dan pembinaan ini,” pungkasnya.

Kemudian pada hari ketiga dilaksanakan PKP2 Internal. Kegiatan tersebut mengadopsi sistem PKP2 yang ditetapkan oleh Belmawa, yaitu tiap kelompok PKM diberi waktu 10 Menit untuk mempresentasikan kemajuan Pelaksanaan PKM, kemudian diikuti 15 menit sesi tanya jawab dengan Dewan Juri, serta mengikuti penilaian yang ditetapkan pada Buku Pedoman PKM Tahun 2023.

Pada kegiatan PKP2 internal ini melibatkan dua Dosen reviewer UTU yang menekuni keilmuaan yang serumpun dengan Tema PKM Mahasiswa UTU Pendanaan 2023 yaitu Ari Saputra, S.T., M.T dan Hafinuddin, S.Pi., M.Sc.

PKM merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemdikbudristek untuk memfasilitasi potensi mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah mereka pelajari di bangku perkuliahan kepada masyarakat luas.  Kegiatan akan dilaksanakan selama satu tahun dan akan berakhir di ajang Pimnas. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).