MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) menjalin kerjasama dengan PT Solusi Bangun Andalas (PT SBA) bertempat di kompleks pabrik Semen Andalas Lhoknga, Aceh Besar, Rabu (21/2/2024).

Penandatanganan dilakukan Rektor UTU Prof Dr Ishak Hasan, M.Si bersama General Manager PT Solusi Bangun Andalas, Mochamad Anwar Bakti, S.Si., M.B.A.. Turut hadir mendampingi Rektor, Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng. IPM dan dari PT. SBA didampingi oleh Tafaul Rijal, General Affair & Community Relation Manager at PT Solusi Bangun Andalas (Semen Indonesia Group).

Rektor UTU Prof Ishak Hasan mengatakan bahwa kerjasama ini penting untuk saling memberi dukungan antara perguruan tinggi dengan dunia industri guna bersinergi untuk memberi dampak positif bagi pembangunan ekonomi dan sumberdaya manusia di Aceh.

Universitas Teuku Umar, kata Prof Ishak Hasan terus berkomitmen untuk memberikan beasiswa dan membantu mahasiswa dari keluarga miskin. Menurutnya, saat ini lebih dari 60 persen mahasiswa yang kuliah di UTU berasal dari masyarakat ekonomi lemah.

Kepada jajaran PT SBA, Prof Ishak Hasan menjelaskan, UTU telah melaksanakan beberapa program dari 8 (delapan) program MBKM, diantaranya, pertukaran mahasiswa, magang atau praktik kerja, dan mengajar di sekolah. Rektor berharap, bisa mewujudkan program lainnya ke depan. Termasuk dukungan mitra kerja sama PT SBA.

Rektor menyampaikan, pihaknya merasa bangga bisa menjalin kerja sama dengan PT SBA yang merupakan sebuah pabrik semen terbesar di Sumatera. “Ini merupakan kesempatan emas,” kata rektor.

Keberadaan PT. SBA menurut Prof Ishak Hasan dapat menjadi “laboratorium hidup” yang menjadi tempat bagi Dosen dan mahasiswa dalam menggali segala potensi keilmuan

Sementara GM PT SBA Lhoknga, M Anwar Bakti mengatakan, dengan telah ditandatanganinya MOU kedua belah pihak sudah bisa memanfaatkan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan bersama, baik praktikum mahasiswa, pelaksanaan magang), bahkan riset Bersama. “Kita berharap ilmu yang didapatkan dari praktik di lapangan mampu memperkuat mutu lulusan Unaya serta bisa meningkatkan daya saing lulusan ketika mereka lulus dan siap terjun ke dunia kerja,” ujarnya.

M. Anwar Bakti juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan UTU untuk bersinergi dengan PT. SBA, dalam penguatan SDM terutama civitas akademika di lingkup UTU, khususnya Mahasiswa.

Selain kolaborasi riset yang bisa dilaksanakan, lanjutnya, PT SBA juga menunggu kunjungan kuliah lapangan dari para mahasiswa Unaya. “Kita berharap dengan adanya kesempatan kuliah lapangan ini mahasiswa bisa lebih serius dalam belajar dan menyelesaikan kuliahnya,” kata Anwar.

Anwar menyambut baik kerjasama ini. Diharapkannya hendaknya kerjasama ini dengan impact yang dapat dishare kepada stakeholders hendaknya menjadi pemicu masuknya lebih banyak investor untuk meningkatkan pembangunan ekonomi Aceh.

Dalam bidang pengembangan masyarakat, program CSR, juga menjadi satu peluang untuk saling menguatkan. Program- program pengembangan ekonomi kalau dapat disinergikan agar membawa lebih banyak manfaat untuk masyarakat tetu lebih baik. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).