MEULABOH – UTU | Kegiatan Subuh Education merupakan salah satu kegiatan yang bersifat membina karakter mahasiswa yang berbasis akhlakul karimah dan cinta Al Quran. Dimana kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk proses pembelajaran P3AI (Program Pengembangan Pendidikan Agama Islam) di Universitas Teuku Umar Meulaboh, Aceh Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan secara online via aplikasi zoom meeting ini mengangkat tema “Kurikulum Pendidikan Ramadhan”. P3AI menghadirkan Waled Zarkasyi, S.HI., M.HI, Dosen Universitas Malikussaleh sebagai narasumber utama. Waled Zarkasyi merupakan ketua Bidang Kaderisasi dan Kemahasiswaan Pengurus Wilayah Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Aceh.

Kurikulum Pendidikan Ramadhan, Profil peserta yang telah dibagi, menjadi orang beriman, proses belajar ibadahnya adalah puasa dan lainnya dan profil Kelulusannya adalah orang bertaqwa

Waled Zarkasyi menjelaskan profil peserta ramadhan yaitu orang beriman dalam surah Al Anfal Ayat 2-3 pertama disebut nama Allah, begetar hatinya saat kita beriman kepada Allah maka hati dan ketentraman diri akan merasa dunia besinar, dengan bacaan ayat-ayat  menambah kekuatan iman seseorang, bertaqwa kepada Allah  dengan cara melaksanakan semua perintah Allah, mengifakkan sebagian rezeki kepada yang tidak mampu

Sedangkan dalam surah Al Muminun Ayat 2-9  khusyuk dalam shalat dengan beriman dan bertaqwa maka kita akan lebih khusyuk saat beribadah, menjauhkan diri dari hal yang tidak berguna, menununaikan zakat dan memelihara amanah dan janji terhadap Allah

Bagaimana cara agar shalat khusyuk, dengan cara menanamkan dalam diri niat dan bacaan yang benar, bagaimana bertaqwa untuk Allah dengan maksimal agar amalan diterima disisinya, dengan cara mengingat Allah selalu beribah paling utama yaitu shalat 5 waktu, shalat 5 waktu adalah kewajiban umat muslim tapi bagaimana jika shalat tidak puasa, puasa tapi tidak shalat, Itu sama saja amalan yang kosong dan sia-sia.

Bagaimana jika ada teman yang bermalasan untuk beribadah bagaimana cara mengajak nya? yaitu dengan cara sopan dan halus agar ia percaya bahwa beribadah sangat wajib bagi umat muslim pelan-pelan pasti akan luluh dengan apa perkataan kita lakukan ajak mereka dengan sabar maka percaya Allah akan memberikan kenikmatan dan kesabaran yang luar biasa.

Koordinator P3AI UTU, Tgk. Ir. Sulaiman Ali, ST., MT menjelaskan kajian Ba’da Subuh P3AI selama bulan Ramadhan dilakukan secara daring, namun selepas Ramadhan akan dilakukan kembali secara tatap muka.

Antusias peserta P3AI untuk bertanya cukup ramai ditandai dengan banyaknya yang Raise Hand di Zoom. Salah satunya muncul pertanyaan dari mahasiswi Rozatul Annisa dari Prodi Sosiologi dengan menanyakan tentang Bagaimana bertaqwa secara maksimal?. (Humas UTU)