MEULABOHUTU  | Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SMMPTN) 2023 gelombang pertama akan digelar hari ini, Senin (03/07/2023). UTBK akan berlangsung selama dua hari yaitu Senin dan Selasa  (04/07/2023).

Adapun Pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-BARAT) 2023 yang dibuka sejak 8 Mei 2023 telah ditutup pada tanggal 27 Juni 2023 dengan jumlah peserta yang terdaftar untuk mengikuti UTBK di Universitas Teuku Umar sebanyak 373 orang.

Selanjutnya untuk jadwal pelaksanaan UTBK dimulai hari ini Senin dan selasa yang setiap harinya terbagi dalam dua sesi, mulai pukul 07.30-11.05 WIB (sesi 1) dan pukul 13.15-16.50 WIB (sesi 2), yang seluruhnya dilaksanakan di Gedung ITC, Kampus Universitas Teuku Umar, Alue Penyareng. Adapun materi ujian yang diberikan mencakup tes potensi skolastik, tes literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris dan penalaran matematika.

SMMPTN-Barat 2023 merupakan seleksi untuk jenjang sarjana (S1) dan Diploma pada perguruan tinggi yang diselenggarakan berdasarkan kesepakatan dari 25 PTN yang tergabung dalam BKS PTN Indonesia wilayah barat dan Surat Keputusan No. 23-05/BKS PTN-Barat/III/2023, dengan salah satu tujuannya untuk memfasilitasi para calon mahasiswa peserta seleksi mahasiswa baru jalur mandiri, memiliki opsi untuk memilih dan masuk menjadi mahasiswa pada program studi 25 (dua puluh lima) perguruan tinggi yang tergabung dalam program SMM PTN-BARAT Tahun 2023.

Wakil Rektor bidang Akademik Universitas Teuku Umar, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc menghimbau seluruh peserta yang akan mengikuti UTBK di Universitas Teuku Umar untuk memperhatikan waktu dan tata tertib UTBK demi kelancaran dan kesuksesan mengikuti ujian.

Pihaknya berharap agar peserta ujian  mempersiapkan perlengkapan yang perlu dibawa pada saat UTBK SMMPTN Barat 2023.

“Yang harus dipersiapkan peserta saat akan mengikuti ujian seperti kartu tanda peserta UTBK- SMMPTN Barat 2023, fotokopi ijazah yang berlegalisir atau surat keterangan kelas 12 asli yang telah ditandatangani kepala sekolah dan tercantum nama, NISN, NPSN sekolah, dan pasfoto tiga bulan terakhir, Ketiga, Identitas diri seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar,” pesan Dr. M. Aman Yaman.

Sementara itu Herri Darsan, S.T., M.T selaku koordinator UTBK UTU mengingatkan bagi peserta dapat mengantisipasi keterlambatan peserta saat menuju lokasi ujian yang telah ditentukan, dengan mengecek dulu lokasi ujian minimal sehari sebelum pelaksanaan ujian.

“Di kartu tanda peserta UTBK-SMMPTN Barat itu tertulis dengan tanda merah himbauan untuk mengecek lokasi dan hadir lebih awal di lokasi ujian. Semua itu agar peserta bisa mengetahuinya dan bisa mengantisipasi keterlambatan dan salah lokasi,” Kata Heri

Disampaikan Heri, UTU merupakan bagian dari satu unsur diantara beberapa Pusat Pelaksanaan UTBK SMMPTN dari 25 Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam Badan Kerja Sama (BKS) PTN Indonesia Wilayah Barat.

“Pelaksanaan ujian SMMPTN Barat tahun 2023 ini telah diagendakan dari tanggal 3-4 Juli 2023 dan dengan frekuensi ujian sebanyak dua sesi setiap harinya, menyesuaikan teknis di PTN yang tergabung didalamnya,” pungkasnya. (Aduwina Pakeh/ Humas UTU).