MEULABOHUTU | Sebagai upaya mensukseskan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) program Penguatan Kapasitas (PPK Ormawa) Tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korp PMI Universitas Teuku Umar mengusulkan program 6 Jamboe Literasi untuk mewujudkan desa cerdas.

Dalam kegiatan ini UKM Korp PMI Universitas Teuku Umar menerjunkan 11 Mahasiswa untuk tergabung dalam tim PPK Ormawa tahun 2023 yang dilaksanakan sejak Juni hingga Desember mendatang di Desa Paya Peunaga, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

Desa cerdas merupakan desa yang mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat secara mandiri melalui pemanfaatan potensi desa berbasis informasi  teknologi sehingga terwujudnya “Smart Environment, Smart Mobility, Smart Government, Smart Economy, Smart Living, dan Smart People”.

Tim PPK Ormawa UKM PMI UTU berkeinginan masyarakat desa Paya Peunaga paham dan sadar terhadap pentingnya literasi bagi penguatan kesejahteraan hidup serta masyarakat memiliki rasa peduli dan gotong royong yang tinggi antar sesama masyarakat.

“Kami ingin menciptakan Desa Cerdas yang memiliki sarana prasarana belajar berupa tempat yang disebut Pojok Literasi dan tersedia berbagai fasilitas pendukung dalam kegiatan belajar bagi masyarakat di Desa Paya Peunaga”, ungkap Ketua tim pelaksana Nabila Widyastuti

Adapun program 6 Jamboe Literasi yang  dijalankan adalah literasi membaca, literasi menulis, literasi bahasa, literasi teknologi, literasi internet, dan literasi kebudayaan yang masing -masing dibina oleh 2 mentor dengan tujuan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas masyarakat dalam mewujudkan desa cerdas di Paya Peunaga. Program yang sudah dijalankan semenjak 22 Juni 2023 dilakukan secara kolaborasi antara tim dengan pemerintah desa serta masyarakat sehingga akan terjalin komitmen keberlanjutan nantinya.

“Setiap kegiatan literasi yang dilakukan di desa Paya Peunaga memiliki aktifitas yang berbeda dan sudah dirancang dalam bentuk kurikulum pembelajaran non formal yang memuat aspek kecakapan hidup disetiap jambo literasi,” jelas Nabila

Kepala Desa Paya Peunaga, Teungku Isan turut mengapresiasi dan berterimakasih kepada mahasiswa karena desanya dipilih sebagai Desa Cerdas dalam Program PPK Ormawa.

“Harapan kami kegiatan Program Penguatan Kapasitas (PPK) Ormawa tidak hanya berhenti setelah program usai, namun dapat mensupport kegiatan lainnya yang bisa menjadikan masyarakat Desa Paya Peunaga lebih sejahtera dalam segala aspek dan Unggul” Ucap Teungku Isan

Dengan adanya Jambo Literasi yang sudah dibentuk menjadi wadah pembelajaran tidak hanya bagi anak usia sekolah tetapi juga masyarakat lainnya sehingga akan meningkatkan pengelolaan kelembagaan desa dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan yang sama Fitriani, SKM.M.Kes selaku Dosen Pembimbing PPK Ormawa mengatakan bahwa program 6 Jambo literasi sebagai living library yang bertujuan mengintegrasikan kegiatan membaca, menulis, berbahasa secara global, digital informasi serta budaya bagi masyarakat desa Paya Peunaga.

Fitriani juga menambahkan Program ini merupakan bagian dari komitmen kampus dalam membangun sumberdaya manusia dimulai dari pedesaan sejalan dengan amanat UU Desa Nomor 6 Tahun 2014, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. (Humas UTU).