MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar resmi menerima Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nomor 976/E/0/2023 tentang Izin Pembukaan Program Studi Sosiologi Program Magister pada Universitas Teuku Umar.

SK Mendikbud tersebut diserahkan langsung Kepala LLDIKTI Wilayah XIII Aceh, Dr. Rizal Munadi, MM.,MT mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makariem kepada Rektor UTU Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si yang diwakili Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc.

Proses serah terima SK tersebut dilakukan pada Jum’at (29/12/2023), di Gedung LLDikti XIII, Jalan Alue Naga, Desa Tibang, Syiah Kuala, Banda Aceh.

Dr. Rizal Munadi dalam kesempatannya sangat terkesan dengan upaya UTU yang sangat dinamis dalam meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat baik S1 maupun S2 dengan strategi jitu membuka program studi unggulan juga berpesan, UTU sebagai penyelenggara untuk terus meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan proses dan output yang berkualitas dan menyiapkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kedepan, Kepala LLDIKTI XIII tersebut juga sangat yakin, UTU akan dapat menjadi centre of excellent pengembangan perguruan tinggi berbasis mutu akademis dan keunggulan program studi yang sfesifik.

“Pemberian SK pembukaan Prodi S2 Sosiologi itu merespon usulan Rektor UTU, seiring banyaknya peminat pada program studi tersebut,” kata Rizal Munadi

Dengan adanya SK izin pembukaan S2 Sosiologi ini, Rizal Munadi berharap agar Universitas Teuku Umar dapat mempersiapkan diri dengan matang, sehingga penerimaan mahasiswa baru angkatan perdana dapat dilangsungkan dengan lancar.

“Kita yakini Universitas Teuku Umar ini mampu berkontribusi menghasilkan lulusan S2 Sosiologi yang berkompetensi sesuai dengan kebutuhan pasar, termasuk bagi masyarakat Aceh” ujarnya.

Sementara Rektor UTU melalui Warek 1 M Aman Yaman mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan LLDikti Aceh atas bantuan dan dukungannya sehingga UTU kini sudah memiliki tiga program Magister (S2). Dengan demikian dalam kurum waktu 10 bulan UTU telah membuka 3 program studi S1 baru dan 3 program studi Magister. Kedepan UTU akan terus membuka akses Pendidikan tinggi bagi masyarakt yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan pembangunan SDM Unggul.

“Kami sangat terharu dan berbahagia hari ini, dengan dukungan seluruh sivitas akademik dan juga LLDIKTI XIII menjadikan UTU sudah memiliki tiga program studi S2 (Magister) yaitu Ilmu Perikanan, Ilmu Pertanian dan hari ini kita terima SK S2 Prodi Sosiologi yang sangat dinantikan,” kata M Aman Yaman, pada Jum’at Sore kepada media ini.

“Dari enam program studi yang kita usulkan, alhamdulillah tiga program studi sudah keluar izin. 2 prodi yaitu Ilmu Perikanan dan Ilmu Pertanian telah memiliki mahasiswa angkatan pertama, dan prodi Sosiologi bisa menerima mahasiswa baru tahun 2024 ini,” tambah M Aman Yaman

Adapun tiga prodi magister (S2) lainnya yang telah diusulkan adalah program studi m\Magister Ekonomi Pembangunan, Prodi Kesehatan Masyakat dan Prodi Teknik Infrastruktur & Lingkungan yang insyaAllah akan segera menyusul.

Pengusulan program magister baru tersebut sangat relevan juga dengan kebutuhan daerah dan pasar kerja terhadap SDM yang berkualitas ditingkat S2 terutama bidang keilmuan pendukung visi UTU sebagai sumber inspirasi dan referensi di bidang ilmu agro-marine.

“Semoga dengan dibuka program Magister ini bisa memperluas koneksi UTU sehingga Visi UTU sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi dapat segera terwujud secara nyata bagi masyarakat luas,” pungkas Warek 1 UTU. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).