MEULABOHUTU | Universitas Brawijaya (UB) kembali meraih juara umum pada kompetisi Universitas Teuku Umar (UTU) Awards ke-10 tahun 2024. Keberhasilan ini menjadikan UB sebagai kampus yang paling banyak meraih juara umum sejak kompetisi UTU Awards digulirkan sejak 2015 lalu.

Mahasiswa Universitas Brawijaya berhasil merebut kembali piala bergilir Kemenristekdikti di ajang kompetisi 10th UTU Awards 2024 yang berlangsung di kampus UTU Meulaboh, setelah di tahun 2023 juara umum dimenangkan oleh Universitas Teuku Umar selaku tuan rumah.

UB berhasil meraih juara umum setelah mengumpulkan 1 juara 1 kategori riset kewirausahaan, dua juara 2 masing-masing kategori perencanaan bisnis dan kategori bisnis startup serta 1 juara harapan 2 kategori produk inovatif.

Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para juara dilakukan pada acara Anugerah UTU Awards, Kamis (12/09/24) yang dilangsungkan di Auditorium Teuku Umar, Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT), kampus UTU, Alue Peunyareng, Aceh Barat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Dr. Maria V. Irene Herdjiono, M.Si, Pj. Bupati Aceh Barat, Drs. Mahdi Efendi, Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si, Wakil Rektor I, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Wakil Rektor II Prof Dr Nyak Amir, M.Pd, Wakil Rektor III Ibrahim, MNSc, para Dekan Fakultas di Lingkup UTU, para Kabiro serta para tamu undangan.

Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si dalam sambutannya mengapresiasi atas keberhasilan penyelenggaraan The 10th UTU Awards 2024. Kompetisi UTU Awards yang diselenggarakan oleh UTU dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat partisipasinya, bahkan tahun 2024 ini jumlah peserta mencapai 1.000 orang lebih dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

Jelasnya, ada lima bidang yang dilombakan pada UTU Award 2023, masing-masing  katagori Lomba Riset Kewirausahaan, Lomba Desain Toko online, Lomba Produk Inovatif, Lomba Perencanaan Bisnis dan Bisnis Startup.

“Lomba-lomba ini untuk memacu kreativitas mahasiswa. Dengan asah kreatif ini, UTU bisa menghasilkan manusia hebat. Kampus ini kami persiapkan untuk Indonesia juga untuk dunia. Bangsa kita ini, sebenarnya menjadi superior dan harus jadi bangsa yang maju di dunia,” kata Prof Ishak Hasan

Harus menjadi bangsa yang maju, karena kami diberi mandat oleh negara untuk memajukan Pendidikan di Aceh, Indonesia bahkan dunia. Kini yang menempuh Pendidikan di UTU dari Sabang sampai Merauke.

Di UTU, kata Prof. Ishak Hasan ada mahasiswa dari Sulawesi, Bali, Papua dan lain-lain. Banyak para juara yang menempuh Pendidikan disini di bumi Teuku Umar yang mulai dicintai oleh mahasiswa luar.

“Selamat untuk para pemenang dan terimakasih kepada seluruh mahasiswa yang telah berpartisipasi, sampai ketemu di The 11th UTU Awards tahun 2025 mendatang.” Pungkas Prof Ishak Hasan.

Sementara koordinator Panitia Pelaksana kegiatan 10th UTU Awards Dr. Munandar, S.Kel., M.Sc dalam kesempatannya mengatakan UTU Awards merupakan kompetisi antar perguruan tinggi yang telah Universitas Teuku Umar laksanakan secara konsisten dalam 10 tahun terakhir.

UTU Awards telah berhasil mewujudkan ide-ide kreatif mahasiswa melalui proyek, desain, dan produk dari berbagai latar belakang disiplin ilmu.
Pada tahun 2024 kami menerima karya mahasiswa dari 150 Universitas di Indonesia dengan total sebanyak 394 karya. Jumlah ini meningkat signifikan dari tahun sebelumnya yaitu 206 karya. Pada tahun ini total hadiah yang diperebutkan sebesar 285 juta rupiah.

Proses pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 1 April hingga 26 Juli 2024, diikuti dengan penilaian oleh juri masing-masing katagori dari tanggal 1 hingga 10 Agustus 2024. Juri UTU Awards merupakan Juri Nasional yang berasal dari praktisi dan 13 Perguruan Tinggi ternama di Indonesia. Selanjutnya pada tanggal 9 dan 10 September 2024, 10 nominator terbaik dari setiap katagori diundang di Universitas Teuku Umar untuk mempresentasikan karya mereka di hadapan para juri.

tujuan dihadirkan dewan juri dari berbagai universitas dan kementerian serta lembaga ialah untuk menghasilkan proses penjurian yang kredibel dan independen sehingga diharapkan dapat menghasilkan karya terbaik agar bisa memberikan manfaat untuk masyarakat Indonesia.

Sejumlah 22 Universitas terbaik telah menempatkan perwakilannya sebagai nominator di tahun ini, diantaranya Universitas Gadjah Mada, IPB University, Universitas Brawijaya, Universitas Teuku Umar dan lain sebagainya. Sesaat lagi kita akan mendengarkan pengumuman pemenang dan juara umum pada kegiatan UTU Awards ke 10 tahun 2024.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh mahasiswa/i di Indonesia yang telah berpartisipasi mengirimkan karya terbaiknya pada UTU Awards tahun ini. Harapan kami hasil karya pemenang UTU Awards tidak tersimpan dalam lemari namun dapat diaplikasikan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.” pungkas Dr. Munandar. (Humas UTU).