MEULABOHUTU |Dalam rangka meningkatkan kapasitas diri anggota baru hasil recruitment tahun 2023, Unit Kegiatan Mahasiswa Green Agent Universitas Teuku Umar menyelenggarakan kegiatan Capacity Building di Kwarcab Pramuka Meureubo, Aceh Barat. Kegiatan tersebut telah berlangsung pada Jumat – Minggu, 27-29 Oktober 2023 lalu.

Kegiatan Capacity Building ini merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya yang dilakukan oleh UKM Green Agent sebagai suatu kegiatan yang melatih, mendidik, serta membangun kapasitas diri untuk seluruh anggota baru UKM Green Agent itu sendiri.

Pembina UKM Green Agent, Siti Maisyaroh Fitri Siregar, S.KM., M.Kes mengatakan, kegiatan capacity building anggota baru UKM Green Agent adalah kegiatan pendidikan dan pelatihan yang mengusung tema “Be The Agent Of Sustainbility To A Golden Generation”, dimana hal yang dimaksud adalah bagaimana seorang anggota UKM Green Agent bisa menjadi agen keberlanjutan untuk menciptakan generasi tanggap yang berwawasan, cerdas, dan berjiwa sosial tinggi.

“Dengan kegiatan tersebut akan memberikan pemahaman tentang materi Program Green Campus kepada Anggota baru agar dapat menjadi contoh yang baik dalam kehidupan masyarakat, berfikir kreatif serta kritis dalam memecahkan permasalahan, dan memiliki jiwa sosial yang tinggi,” ucapnya.

Capacity Building merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kapasitas calon anggota green agent mengenai tupoksi mereka sebagai agent yang mendukung pencapaian green campus. Para anggota antusias terlihat dari kehadiran dan partisipasi selama kegiatan hingga selesai.

“Semoga para anggota baru berkomitmen menjadi green agent untuk mewujudkan green campus dengan berfikir global serta menjadi agent yang memberikan teladan yang baik kepada para mahasiswa dan masyarakat setempat” Tutup Siti Maisyaroh

Ulfa Destari selaku Ketua UKM Green Agent, menyebutkan kegiatan Capacity Building ini wajib dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan tahun ini berjalan lancar, seperti tahun-tahun sebelumnya. “Kegiatan ini berjalan dengan sukses karena dukungan penuh dari pihak kampus dan Pembina UKM tentunya serta kerja keras dari seluruh panitia,” kata Ulfa Destari

Oleh karena itu, lanjutnya di dalam Capacity Building terdapat beberapa kegiatan seperti, pembukaan, pengenalan organisasi, senam pagi, pemberian materi lingkungan, penguatan pengetahuan Green Metric, penampilan pentas seni, malam keakraban, permainan game bertujuan meningkatkan kesatuan dan Kerjasama, peusijuk anggota baru, dan penutupan.

Kegiatan diikuti oleh anggota baru UKM Green Agent 2023, pengurus UKM Green Agent, Pembina UKM Green Agent, para demisioner UKM Green Agent, dan para dosen Green Metric UTU.

Ia berharap dengan adanya kegiatan Capacity Building ini dapat menciptakan agen-agen perubahan yang bisa membentuk generasi emsa dengan salah satu Langkah nya yaitu melakukan penghijauan dan keberlanjutan. (Humas UTU).