MEULABOH, UTU – Universitas Teuku Umar melalui Tempat Uji Kompetensi (TUK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar (FPIK-UTU) menyelenggrakan kegiatan Uji Kompetensi Bidang Penyuluhan Perikanan level supervisor. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2023 di Aula Utama Gedung Terintegrasi UTU.

Ketua TUK FPIK UTU, Mahendra, S.Pi., M.Si kepada UTUNews mengatakan bahwa jumlah peserta yang mengikuti Uji Kompetensi tersebut adalah sebanyak 27 orang yang merupakan pegawai dari Dinas Kelautan dan Perikanan se-Provinsi Aceh, yang diuji oleh 3 orang asesor dari TUK FPIK UTU. Ia mendetailkan bahwa, materi uji terbagi dua, yaitu angket/borang terkait kompetensi serta kelengkapan adminstrasi yang berkaitan dengan bidang keahlian.

Dilanjutkannya, bahwa sertifikasi uji kompetensi merupakan suatu keharusan yang harus dimiliki oleh tenaga ahli dalam menilai suatu dan tentu sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja. Mahendra juga mengatakan “TUK FPIK UTU terbuka untuk melayani kegiatan Uji Kompetensi bagi civitas akademika UTU maupun masyarakat secara umum”.

“Sertifikat kompetensi merupakan suatu kebutuhan yang harus dimiliki setiap individu sebagai dokumen pendukung dalam menakar suatu keahlian secara formal, dan menjadi nilai lebih bagi individu tersebut dalam dunia kerja,” Pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta yang mengikuti uji kompetensi tersebut Khairul Aziz yang berasal dari Dinas Kelautan dan perikanan Kota Subulussalam mengatakan bahwa dengan adanya tempat uji kompetensi di UTU sangat membantu para peserta untuk mengikuti sertifikasi keahlian dimana jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat Ia bekerja.

“Saya pribadi mewakili teman-teman sesama penyuluh perikanan merasa sangat terbantu dalam pelaksananan Uji Kompetensi ini karena lokasi uji yang strategis dikawasan barsela, sehingga meminimalisir jarak tempuh, dan juga telah memiliki banyak assessor yang berkompeten,” Ujar Khairul. (Humas UTU)