MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar terus menunjukkan komitmen dalam upaya meningkatkan kualitas mutu dan manajemen pendidikan yang bertaraf Internasional dengan mendorong akreditasi ISO 9001:2015 & 21001:2018.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan melakukan pendampingan terkait persiapan akreditasi ISO bersama pimpinan dalam hal ini diasistensi langsung oleh Wakil Rektor I  Bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc. Kegiatan pendampingan tersebut berlangsung pada hari Rabu, 25 Oktober 2023 lalu.

Proses akreditasi ISO adalah langkah penting dalam menjaga kualitas dan standar operasional perguruan tinggi. Universitas Teuku Umar sendiri telah lama berkomitmen untuk memenuhi standar internasional dalam pendidikan, penelitian, dan manajemen. Sehingga, Team ISO dari Fakultas Teknik UTU yang sebelumnya telah memiliki pengalaman luas dalam membantu institusi mencapai sistem penjaminan mutu  yang prestisius, diberikan amanat untuk mencapai sistem penjaminan mutu Pendidikan secara international.

M Aman Yaman dalam kesempatannya menekankan pentingnya pengakuan internasional bagi universitas dan menyebutkan bahwa tim ISO Fakultas Teknik UTU telah memberikan progress berharga untuk memastikan UTU memenuhi persyaratan akreditasi ISO.

Dalam waktu dekat, UTU berharap dapat mengumumkan pencapaian akreditasi ISO, yang akan menjadi tonggak bersejarah dalam perjalanan Universitas ini menuju penyediaan pendidikan berkualitas tinggi dan excelent.

“Proses akreditasi ISO bukanlah upaya yang mudah, tetapi dengan dukungan dari tim ISO Fakultas Teknik UTU dan komitmen dari semua pihak di UTU, Universitas Teuku Umar siap untuk menghadapi tantangan ini dan melangkah menuju masa depan yang lebih cerah,” pungkas Warek 1.

Standar ISO 21001:2018 sendiri adalah sistem manajemen organisasi pendidikan yang disesuaikan dari ISO 9001:2015. Sistem ini disusun khusus untuk sektor pendidikan dalam mencapai tujuan dan menjalankan fungsi utamanya yaitu memberikan pendidikan yang bermutu. Sedangkan ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu.

Sementara Dekan FT UTU, Dr. Ir. Irwansyah. S.T., M.Eng., IPM dalam kesempatannya menyampaikan bahwa pendampingan ini dapat menambah wawasan terkait sistem manajemen organisasi pendidikan yang baik dan sesuai dengan standarisasi ISO 9001:2015 dan 21001:2018 untuk dapat diimplementasikan dalam pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan akademik di lingkungan Fakultas Teknik.

“Sudah merupakan tanggung jawab dan tugas bersama, baik pimpinan, dosen, dan seluruh pengelola dan pelaksana tugas di lingkungan Fakultas Teknik untuk mewujudkan perbaikan secara menyeluruh demi mewujudkan mutu kelembagaan,” kata Irwansyah

Irwansyah juga berkomitmen bahwa Fakultas yang ia pimpin siap untuk memenuhi dokumen-dokumen yang belum lengkap dan menyempurnakan kekurangan yang ada sebagai hasil tindak lanjut dari pendampingan tersebut. (Humas UTU).