MEULABOHUTU | Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat; Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi, Riset dan Teknologi; Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bermitra dengan DPR-RI Komisi X dan Universitas Serambi Mekkah (USM) Banda Aceh adakan Workshop Peningkatan Kualitas Penelitian Dosen Pemula. Acara ini diadakan di Hotel Al Hanifi, Banda Aceh pada Senin (6/11/2023).

Universitas Teuku Umar menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang hadir dalam kegiatan ini. Sejumlah dosen perwakilan UTU yang mengikuti kegiatan ini adalah Teungku Nih Farisni, SKM, M.Kes, Herri Darsan, S.T, M.T, Agatha Debby Reiza Macella, SAP, M.Si, Afdhal Fuadi, S.Pi. M.Si, Aulia Rahman, S.T., M.T., Sari Maulida Vonna, S.E, M.Si AK dan Lia Anggraeni, S.P. M.Sc.

Workshop ini mencakup tiga materi yakni terkait Kebijakan Penelitian Nasional, Peningkatan Kualitas Penelitian, dan Teknik Peningkatan Kualitas Proposal Penelitian. Tiga materi tersebut sejalan dengan tujuan diadakannya workshop ini yaitu untuk meningkatkan kinerja dan peringkat penelitian yang dilakukan oleh para dosen yang ada di Perguruan Tinggi di Aceh.

Rektor USM Dr. Teuku Abdurrahman, S.H., Sp.N dalam sambutannya, mengharapkan kegiatan workshop hari ini dapat meningkatkan kemampuan dosen untuk dapat menerima bantuan hibah dari dikti pada tahun yang akan datang, karena pada tahun lalu untuk Aceh hanya 8% peneliti yang dapat dana hibah yang telah disiapkan dan dianggarkan oleh dikti.

Kami sangat berterimakasih kepada para dosen yang telah berhadir pada kegiatan ini sebanyak 107 orang dari berbagai kampus yang ada di Aceh.

Kegiatan ini sendiri akan dilaksakan 2 sesi yaitu sesi pagi membahas kebijakan nasional tentang pendanaan penelitian dan sesi siang coaching langsung oleh para reviewer yang sudah hadir pada hari ini.

HJ. Illiza Sa’aduddin Jamal, SE anggota DPR RI komite X, mengharapkan penelitian atau riset yang di lakukan oleh semua peneliti memiliki dampak yang besar dan manfaat yang banyak bagi masyarakat luas, jangan cuma menghabiskan anggaran dan waktu yang banyak tapi hasilnya malah tidak bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Saya sebagai ka Poksi di komisi X, sangat mendukung kegiatan seperti ini di Aceh, sehingga kita dapat memperbaiki kualitas penelitian dosen yang ada di Aceh.

Universitas harus bisa mendidik mahasiswa menjadi generasi yang siap untuk mengahadapi pilihan kehidupan kedepan agar bisa merubah masa depan yang cerah kedepannya. Saya tutup dengan pantun, Dari jauh ke kutaraja, pergi dengan teman seangkatan, selamat datang di acara workshop penelitian, selamat mengikuti dengan nyaman.

Pada acara ini juga diberikan cinderamata oleh Hj. Illiza Saaduddin Jamal, SE  pada masing-masing perwakilan Universitas yang berhadir berupa 1 (satu) buah Tablet yang diserahkan langsung oleh bunda Hj. Illiza Saaduddin Jamal, SE beserta Rektor Universitas Serambi Mekah, dan jajarannya.

Diakhir kegiatan Hj. Illiza menyerahkan 2 unit tablet merk Dikti Edu dan 1 unit laptop Pengerak Dikti Edu kepada Universitas Teuku Umar sebagai wujud dukungan peningkatan publikasi dosen pemula.

Sebagai bentuk tanggungjawab dan tersebarnya pengetahuan, para peserta workshop akan melakukan sosialisasi dan kegiatan serupa di Universitas Teuku Umar sebagai sarana transfer knowledge. Kegiatan tersebut akan difasilitasi oleh LPPM PMP UTU untuk meningkatkan produktivitas proposal penelitian dosen di masing-masing Fakultas. (Humas UTU).