MEULABOHUTU | Dalam rangka meningkatkan kompetensi para dosen, Universitas Teuku Umar Meulaboh menggelar workshop penulisan proposal penelitian dan Pengabdian Kpada Masyarakat Jum at (23/2/2024) di gedung Aula Cut Mutia lantai II Universitas TeukuUmar Meulaboh.

Lembaga Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Teuku Umar yang menjadi motor penggagas kegiatan tersebut dalam sambutannya yang disampaikan oleh Ketua LPPM_PMP Ir. Yuliatul Muslimah, MP. Mengatakan bahwa sangat perlu untuk mengadakan workshop seperti ini dan ini merupakan salah satu strategi kita untuk meningkatkan jumlah pendanaan pada penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Tahun 2024 ini.

Lebih lanjut Ketua LPPM-PMP menjelaskan bahwa tahun lalu (2023) Universitas Teuku Umar mendapat dana Hibah DRTPM sebanyak 41 judul Proposal terdiri dari 40 proposal penelitian dan 1 proposal pengabdian Kepada Masyarakat, sementara 5 proposal mendapat Dana Hibah on going (lanjutan).

Maka dalam kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan bahwa Universitas Teuku Umar sekarang sudah berada pada klaster Utama dan tidak lagi berada di klaster Madya bila dinilai dalam hal kinerja perguruan tinggi berbasis SINTA, dan ini merasa wajib untuk kita pertahankan dengan cara terus kita tingkatkan kemampuan para dosen Universitas Teuku Umar dalam bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, maka dengan demikian kami sengaja mengundang narasumber reviewer nasional yaitu Dr. Ismail Sulaiman, S.TP.,Maitrise., M.Sc., IPU. Dan salah seorang dosen UTU yang sudah berpengalaman lolos seleksi proposal penelitian nasional/DRTPM yaitu Firman Parlindungan, S.Pd., M.Pd., Ph.D. pungkas ibu Ketua LPPM-PMP.

Pada kesempatan yang sama Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Ishak Hasan, M.Si dalam arahannya sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan pihak LPPM-PMP UTU dalam hal peningkatan Kualitas para Dosen untuk penulisan proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat agar memperoleh dana Hibah DRTPM tersebut lebih meningkat dari tahun lalu.

Dihadapan para Dekan dan Dosen Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Ishak, M.Si menyampaikan bahwa salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi itu adalah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, dan ini menjadi salah satu indikator level dari sebuah Perguruan tinggi, maka bila kita ingin lebih baik maka para Dosen harus pula dapat meningkatkan kemampuan risetnya.

Dalam kesempatan ini Pak Rektor mengajak para dosen untuk memanfaatkan kesempatan bagaimana kiat-kiat dan strategi yang disampaikan para narasumber dalam penulisan proposal baik untuk penelitian maupun proposal pengabdian kepada masyarakat agar dapat menembus level Nasional untuk memperoleh lebih banyak lagi Dana yang di hibahkan oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat Kemeterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Mengakhiri arahannya Prof. Ishak secara resmi Mebuka “Wrkshop Peningkatan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pendanaan DRTPM Tahun 2024”. (Zafhuri, SKM & Zulfikar Humas).