MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar  menggelar penandatanganan perjanjian kerjasama dengan SMKN 2 Meulaboh pada Rabu 01 November 2023 di Aula SMKN 2 Meulaboh, Lapang, Aceh Barat.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Dekan FT UTU Dr. Ir. Irwansyah, ST., M.Eng., IPM, Wakil Dekan I FT Maidi Saputram S.T., M.T, Ketua Prodi Mesin Dr. Pribadyo yang diwakili oleh Sekprodi Masykur, S.Pd., MT dengan ketua kelompok keahlian Teknik Mesin Marzuki, ST.

Juga hadir Kaprodi Teknik Sipil Andrisman, ST., MT dengan ketua kelompok keahlian Properti dan Konstruksi Lilis Ellyani, S.Pd, Kaprodi Teknik Industri Ir. Gaustama Putra, ST., M.Sc dengan ketua kelompok keahlian Teknik Mesin Marzuki, ST serta Kaprodi Teknologi Informasi Suryadi, ST., M.Cs dengan ketua kelompok keahlian Teknik Audio Video Andi Syahputra, S.Pd.

Selanjutnya dari pihak sekolah hadir Kepala SMK Negeri 2 Meulaboh, Tarmidhi, S.ST., M.Si dan sejumlah Waka dan para guru. Turut hadir Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat Abdul Azis, SH., M.Si dan beberapa tamu undangan lainnya seperti Dr. Khairuddin selaku tokoh masyarakat pemerhati pendidikan dan perwakilan dari pihak perusahaan lainnya.

Dalam sambutannya Dekan FT UTU, Dr. Irwansyah  mengungkapkan penandatanganan kerjasama atau MoU merupakan bagian ikhtiar kita supaya bisa bersinergi bersama.

“Penandatanganan kerjasama atau MoU merupakan bagian ikhtiar kita supaya bisa bersinergi bersama antara SMKN 2 Meulaboh dengan Perguruan Tinggi UTU” ucap Dr. Irwansyah

“Semoga dengan adanya MoU ini kami juga mendapat ide dari ibu-bapak di SMKN 2 Meulaboh untuk bagaimana mengelola SMK yang kemudian bisa masuk ke jenjang sarjana, apa saja yang dibutuhkan. Kami terbuka lebar untuk peserta didik bapak ibu di SMK,” tambahnya.

Lanjutnya, pengembangan wilayah dan sumber daya manusia merupakan tanggung jawab bersama oleh semua pemangku kepentingan, mulai dari tingkatan Sekolah Menengah Kejuruan sampai ketingkat Perguruan Tinggi, seperti yang telah dilakukan pada hari ini.

Kemudian, Kepala Sekolah SMK N 2 Meulaboh, Tarmidhi  menyampaikan bahwa Kerjasama dengan UTU sangat relevan bagi mereka untuk meningkatkan kompetensi diri.

“Kerjasama dengan UTU sangat relevan bagi kita untuk meningkatkan kompetensi di SMKN 2 Meulaboh, saya berharap tidak hanya siswanya yang dilatih tetapi juga para guru di sekolah kami, prosesnya nanti bisa kita atur setelah penandatanganan ini, dan besar harapan saya SMKN 2 Meulaboh juga bisa diterima menjadi bagian dari UTU dalam peningkatan mutu pendidikan,” ujar Tarmidhi

Serangkaian kegiatan juga dilakukan penandatangan Surat Perjanjian Kerjasama (SPK) antara kaprodi dilingkup Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar dengan para Ketua Kompetensi Keahlian (KKK) dilingkup SMK Negeri 2 Meulaboh diantaranya ketua Ketua Prodi Mesin Dr. Pribadyo yang diwakili oleh Sekprodi Masykur, S.Pd., MT dengan ketua kelompok keahlian Teknik Mesin Marzuki, ST.

Selanjutnya Kaprodi Teknik Sipil Andrisman, ST., MT dengan ketua kelompok keahlian Properti dan Konstruksi Lilis Ellyani, S.Pd, Kaprodi Teknik Industri Ir. Gaustama Putra, ST., M.Sc dengan ketua kelompok keahlian Teknik Mesin Marzuki, ST serta Kaprodi Teknologi Informasi Suryadi, ST., M.Cs dengan ketua kelompok keahlian Teknik Audio Video Andi Syahputra, S.Pd. (Humas UTU).