MEULABOHUTU | Debat Kandungan Al-Qur’an Bahasa Inggris di Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) XVII 2023 Universitas Brawijaya (UB) yang digelar di Ruang Bouquet Room, Lantai 1, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) UB memasuki babak Final dengan semangat tinggi dari para peserta.

Dua debater Universitas Teuku Umar memastikan satu tiket ke babak final setelah mampu meraih poin maksimal di 3 babak penyisihan, babak perempat final dan babak semi final. Kedua mahasiswa tersebut adalah Lilis Sartika dan Cut Annisa Fitriati, keduanya adalah Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar.

Perjuangan panjang yang harus dilewati oleh kedua mahasiswa berprestasi UTU tersebut. Mereka mampu bersaing di ajang Nasional yang melibatkan 114 peserta yang terbagi dalam 57 tim tersebut. Mereka harus bertanding dua kali dalam sehari, karena sistem pertandingan menggunakan metode British Parliamentary.

Pada babak quarter final, tim Universitas Teuku Umar berhasil mengumpulkan nilai maksimal yaitu nilai 507 yang diikuti Institut Teknologi Bandung (Nilai 504) dan Universitas Udayana (nilai 504) serta 13 Perguruan Tinggi lainnya.

Setelah berhasil mengikuti tahap babak quarter final, Kafilah UTU untuk Cabang Debat Bahasa Inggris masuk babak perempat final melawan tim dari Universitas Udayana, Universitas Negeri Malang dan Universitas Airlangga.

Wakil Rektor III Universitas Teuku Umar, H. Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc saat dikonfirmasi Humas UTU mengucapkan syukur Alhamdulillah dan mengapresiasi atas perjuangan tim UTU. “Alhamdulillah tim UTU berhasil melaju ke babak final, semoga pertandingan hari ini kita mampu meraih poin maksimal dan keluar sebagai juara 1,” harap Ibrahim Laweung.

Untuk itu, ia bersama para pelatih dan segenap tim berharap dukungan dan doa dari civitas akademika Universitas Teuku Umar semuanya. “Ini momentum yang baik bagi kita, apalagi menjelang peringatan Dies Natalis UTU ke-17, kita buktikan kalau UTU diusia yang relatif masih muda namun mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia,” kata Ibrahim Laweung.

Adapun empat tim yang melaju ke babak final MTQMN XVII 2023 cabang debat kandungan Al-Aur’an berbahasa Inggris adalah Universitas Teuku Umar, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Udayana. (Humas UTU)