MEULABOH – UTU | Tim Dakwah Universitas Teuku Umar melakukan Safari Ramadhan 1444H di Masjid Jamik Gampong Ujong Tanoh Darat, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Jum’at (7/4) malam.

Sulaiman BS selaku Keuchik gampong setempat menyambut langsung Tim Safari Ramadhan dari UTU dan mengucapkan terima kasih atas kunjungannya.

“Kami atas nama masyarakat ujong tanoh darat berharap peran aktif UTU dapat ditingkatkan dalam usaha  mencerahkan pikiran dan gerak dakwah yang telah ada sehingga jama’ah kami semakin banyak dan mantap dalam menjalankan ibadah terutama dalam bulan suci ramadhan,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Tgk. Sulaiman Ali, ST., MT selaku penceramah kultum ba’da Tarawih mengungkapkan silaturahmi adalah salah satu kunci membangun konsolidasi dan soliditas gerakan dakwah.

Menurutnya, Bulan Ramadan yang suci ini adalah bulan mulia yang mengandung banyak keberkahan dan pahala, salah satu keberkahan yang ada adalah adanya saling menguatkan antar sesama penggerak dakwah. Maka, adanya masjid menjadi salah satu tempat untuk merumuskan aksi gerakan dakwah dan memperkuat kekuatan jama’ah sebagai pasukan dakwah yang militan.

Selain itu, Ustadz Sulaiman Ali yang juga ketua Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) wilayah Aceh juga mengingatkan tentang tanda-tanda orang yang perbuatan baiknya tidak diterima oleh Allah SWT yaitu diantaranya orang yang berpuasa  dibulan Ramadhan namun tidak dapat menambah keimanan dan ketaqwaannya setelah Ramadhan berlalu.

“Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang merugi, yang lalai dan menyia-nyiakan kesempatan baik di bulan ramadhan ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Umum dan Keuangan Universitas Teuku Umar, Zulfirman, SE., M.Si sangat berkesan atas sambutan dari pengurus masjid jamik dan masyarakat UTD.

“Kami mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada tim safari Ramadhan UTU untuk ikut serta dalam memakmurkan masjid jamik sehingga kami dapat ikut berbuka puasa dan silaturrahmi ke tempat mulia ini,” katanya.

Zulfirman mengatakan safari ramadhan merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap bulan Ramadhan dan digelar sejak tahun 2018 lalu.

“Ini salah satu kegiatan bermanfaat, dan sudah dilakukan selama 6 tahun berturut-turut sebagai penyemangat untuk melakukan ibadah,” Ujar Zulfirman yang juga mengatakan Safari Ramadan sebagai salah satu cara bertatap muka dan bersilaturahmi langsung dengan masyarakat, mengajak sivitas kampus untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Dalam kesempatan tersebut, Zulfirman turut menyampaikan perkembangan kampus baik dalam bidang infrastruktur, sumber daya dan mahasiswa. “Alhamdulillah saat ini UTU memiliki 20 prodi dengan jumlah mahasiswa totalnya sebanyak 8 ribu lebih, dominannya dari Aceh Barat dan Nagan Raya,” jelasnya. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).