MEULABOH – UTU | Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) PRISMA, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar resmi dilepas ke lapangan untuk mengabdi ke Desa Ujung tanoh Darat Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Agenda ini dilakukan sebagai upaya dari Universitas Teuku Umar untuk memberikan dukungan beserta apresiasi secara penuh  sekaligus melaksanakan penyerahan Tim Pelaksana di Desa Ujong Tanoh Darat.

Pelepasan yang dilakukan pada tanggal Kamis, 13 Juni 2024 ini didampingi oleh fasilitator dari Universitas Teuku Umar (UTU) yaitu Ir. Cut Suciatina Silvia, S. T. M. T., IPM, Dosen Pembimbing “Fitriani S.K.M., M. Kes”  dan Ormawa Prisma FKM UTU

Kedatangan Tim PPK ORMAWA PRISMA FKM UTU langsung disambut hangat dan penuh suka cita oleh Bapak “Sulaiman BS” selaku Geuchik bersama para aparatur Desa yang meliputi : seluruh Kasi, 4 Kadus dan Tuha Peut sebagai Lembaga adat didesa . 

Kegiatan yang berlangsung dibalai desa  ini dipandu oleh Ladani selaku Ketua  Ormawa Prisma. Ir. Cut Suciatina Silvia, S. T. M. T., IPM, selaku Fasilitator Dari Universitas Teuku Umar menyatakan  dalam sambutannya “Pelepasan ini Merupakan bentuk support system dari UTU terhadap program yang telah direncanakan sehingga menjadi langkah awal yang baik dalam memulai perjalanan Program PPK ORMAWA” selama 5 bulan kedepan, ujarnya.

Pada kesempatan yang sama “Fitriani, SKM. M.Kes selaku pembimbing Tim pelaksana PPPK Ormawa Prisma, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program penguatan kapasistas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam Program Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat desa dengan topik yang dipilih adalah “Sekolah Perempuan”, sehingga melalui program ini nantinya akan terbentu kelompok Wanita mandiri dan mampu berkontribusi dalam mewujudkan SDG’s di Tingkat desa.

Sulaiman BS selaku Keuchik Desa Ujoeng Tanoh Darat dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan berterimakasih kepada Universitas Teuku Umar yang berkomitmen tinggi terhadap kemajuan desa. Ucapan terimakasih terkhusus buat adik-adik mahasiswa “Selamat mengabdi dan berbagi ilmu kepada masyarakat yang tentunya akan bermanfaat positif dalam Pembangunan desa, dan Insya Allah kami siap mendukung sepenuhnya terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan,” ujar keuchik UTD. 

Sementara itu “Rifaldi selaku ketua pelaksana memaparkan kembali program dan skedul kegiatan sebagai bentuk konsolidasi terhadap program yang telah disepakati saat pengusulan proposal di desa Ujong Tanoh Darat.

Diakhir kegiatan Keuchik dan aparatur desa Ujong Tanoh Darat mengajak dosen pembimbing, fasilitator, Ormawa menuju tempat tinggal yang telah disiapkan sebelumnya untuk tim pelaksana. “Semoga dengan adanya tempat tinggal ini akan mempermudahkan mobilisasi kegiatan anak-anak ini selama di desa” Ungkap Zulkifli selaku Sekretaris desa Ujong Tanoh Darat. (Humas UTU).