MEULABOHUTU | Tim PPK ORMAWA Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (Himakesmas) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Teuku Umar sukses menggelar focus group discussion (FGD) pengembangan desa siaga berbasis potensi lokal di Desa Purwodadi pada Senin (17/07/2023). Focus grup discussion ini mengangkat tema pengembangan Desa Berbasis Potensi Lokal Sebagai Komponen Strategis Dalam Mendukung Sdg’s Menuju Desa Siaga Aktif Kabupaten Nagan Raya.

Dalam sambutannya Keuchik Desa Purwodadi, Teuku Safrizal sangat berterima kasih kepada Tim PPK ORMAWA Himakesmas yang telah memilih Desa Purwodadi sebagai lokasi pelaksanaan program.

“Kedatangan dari mahasiswa UTU ini saya berharap dapat membantu mengangkat potensi desa Purwodadi. Desa Purwodadi ini tentunya memiliki potensi. Salah satunya potensi kemajemukan masyarakat yang bisa dijadikan modal untuk mewujudkan desa siaga aktif,” Jelasnya

Keuchik juga mengharapkan, para mahasiswa dapat membantu mendesainkan desa ini agar terwujud sebagai salah satu desa siaga aktif di Nagan Raya.

Untuk diketahui, desa siaga aktif dimana penduduknya dapat mengakses pelayanan kesehatan dasar (yankesdas) setiap hari. Penduduknya dapat mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM).

Sementara itu Dosen Pendamping PPK ORMAWA Himakesmas UTU, Yarmaliza, SKM., M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk pengabdian kepada masyarakat.

“Kegiatan ini ditujukan untuk pengabdian kepada masyarakat. Saya melihat potensi dari desa Purwodadi ini sangat banyak khususnya dalam bidang perkebunan. Oleh karena itu, adek-adek tim PPK ormawa ini mengangkat tema desa siaga aktif untuk meningkatkan potensi lokal di desa Purwodadi ini”, jelas Koordinator Pusat PKM itu.

Sementara itu, Wakil Rektor III UTU, Ibrahim, SKM., M.NSc dalam sambutannya menjelaskan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK
Ormawa) merupakan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan.

Tim pelaksana PPK Ormawa Himakesmas FKM UTU siap akan melaksanakan program di desa Purwodadi  Kecamatan Kuala Pesisir selama 5-6 bulan ke depan yang mendapatkan support penuh dari Kemendikbud Ristek Dikti untuk membangun desa.

“Kegiatan pada hari ini dilakukan untuk memiliki
pemahaman dengan satu tujuan dan kekuatan yang sama serta terus saling berkolaborasi dalam pengembangan desa melalui peran organisasi kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (HIMAKESMAS) FKM UTU,” jelas Ibrahim

Besar harapan kami dengan adanya Ormawa di desa ini bisa membawa Desa Purwodadi menjadi desa siaga aktif dan tentunya dapat menjadi role model bagi desa lainnya, khususnya dibidang kesehatan dan kesejahteraan (SDGs point 3).

FGD tersebut turut dihadiri Kabiro AKPK UTU, Renaldi Iswan, ST., M.Sc, Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan FKM UTU, Riswansyah S, S.E. Camat Kuala Pesisir, para kepala SKPK terkait seperti Kadis Kesehatan, Kadis Pertanian dan Perkebunan, Kadis Sosial; Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup dan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Gampoeng Kab. Nagan Raya. (Aduwina Pakeh).