MEULABOHUTU | Tim Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui skema penugasan. Kegiatan pengabdian tersebut dilaksanakan di Lhok Kuala Daya, Kabupaten Aceh Jaya, Selasa (10/10/2023).

Kegiatan berjudul “Penerapan Bubu Dasar Ramah Lingkungan Untuk Penangkapan Ikan Karang Di Lhok Kuala Daya Kabupaten Aceh Jaya” ini dihadiri langsung oleh tim yang diketuai Hamidi, S.Pi., M.Si, dengan anggota tim Hafinuddin, S.Pi., M.Sc dan Rosi Rahayu, S.Pi., M.Si. Turut hadir Panglima Laot Aceh Jaya dan Nelayan Lhok Kula Daya Kabupaten Aceh Jaya.

Kegiatan awal yang dilakukan yaitu survey dan koordinasi dengan Panglima Laot beserta nelayan Lhok Kuala Daya tersebut dalam rangka menentukan beberapa program, salah satunya kegiatan Sosialisasi Bubu (trap) ikan sebagai alat tangkap ramah lingkunagan untuk menangkap ikan Demersal, kegiatan workshop pembuatan Bubu ramah lingkungan, dan kegiatan peletakan rumpon di perairan Lhok Kuala Daya kabupaten Aceh Jaya.

Hamidi kepada humas UTU menyatakan, pihaknya akan melaksanakan program pengabdian di Lhok Kuala Daya selama 3 bulan kedepan dengan beberapa kegiatan, mulai dari kegiatan Sosialisasi Bubu alat tangkap ramah lingkungan, Workshop pembuatan Bubu Ikan ramah lingkungan, dan peletakan Bubu di perairan Lhok Kuala Daya, serta kegiatan Monitoring dan Evaluasi hasil dari alat tangkap Bubu.

Kegiatan Pengabdian tersebut mendapatkan apresiasi dari Panglima Laot juga dari Nelayan. “dengan adanya kegiatan pengabdian dari Dosen Universitas Teuku Umar tersebut kami sebagai panglima Laot dan nelayan Lhok Kuala Daya dapat merakit atau merancang alat tangkap Bubu ramah lingkungan yang dapat dioperasikan di Perairan Lhok Kuala Daya kaupaten Aceh Jaya,” ujar Panglima Laot.

Pihaknya berharap dengan adanya Bubu ini hasil tangkapan ikan di perairan Lhok Kula Daya dapat meningkat, lebih efesien dalam waktu penangkapan, dan tentunya alat tangkap tersebut tidak merusak lingkungan baik itu lingkungan perairan maupun biota laut.

Kegiatan pengabdian tersebut juga melibatkan alumni dan  mahasiswa dari Program Studi Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UTU dengan tujuan mahasiswa dapat menambahkan skill dan pengetahuan terkait alat tangkap bubu ramah lingkungan mulai dari merancang, membuat dan mengoperasikan di perairan. (Humas UTU).