MEULABOHUTU | Khabar menggembirakan kembali diterima oleh Civitas Universitas Teuku Umar, kali ini UTU menerima salinan Surat Keputusan (SK) tentang izin pembukaan program Magister (S2) Ilmu Perikanan.

Surat keputusan ini dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, salinan keputusan tersebut diserahkan oleh Drs. M. Najib, M.Pd selaku Kepala Bagian Umum Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIII Aceh kepada Drs. Dr. Ishak Hasan, M.Si selaku Rektor UTU.

Proses serah terima ini dilakukan pada Rabu (17/5), bertempat di Gedung LLDikti XIII, jalan Alue Naga, Desa Tibang, Syiah Kuala, Banda Aceh.

Drs. M. Najib, M.Pd mengatakan, dengan diberikannya izin pembukaan prodi S2 Ilmu Perikanan UTU, maka perguruan tinggi ini berhak menerima mahasiswa baru mulai tahun ajaran 2023/2024.

“Pemberian SK pembukaan prodi S2 Ilmu Perikanan itu merespon usulan Rektor UTU seiring banyaknya peminat pada prodi tersebut yang juga sebagai core product UTU sebagai sumber referensi dalam bidang agro and marine industri,” kata M. Najib

Dengan adanya SK izin pembukaan S2 Ilmu Perikanan ini, M. Najib berharap agar Universitas Teuku Umar dapat mempersiapkan diri dengan matang sehingga penerimaan mahasiswa baru angkatan perdana dapat dilangsungkan dengan lancar.

“Kita yakini Universitas Teuku Umar ini mampu berkontribusi hasilkan lulusan S2 Ilmu Perikanan yang berkompetensi sesuai dengan kebutuhan pasar,” kata M. Najib

Sementara Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si mengucapkan terimakasih kepada semua pihak khususnya Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) dan LLDIKTI Aceh atas bantuan dan dukungannya sehingga UTU untuk pertama kali memiliki program magister.

“Saya sangat terharu dan berbahagia hari ini. Sebab, UTU sudah memiliki program studi S2 yaitu Ilmu Perikanan dari prodi yang diusul pihaknya, sambung Rektor, satu prodi sudah keluar Izin dan bisa menerima mahasiswa baru pada tahun ini. Semoga Pogram Magister Ilmu Pertanian juga dapat segera menyusul,” jelasnya.

Dengan pembukaan Magister Ilmu Perikanan ini, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan pendidikan yang maksimal bagi masyarakat.

Dr. Ishak Hasan juga menambahkan semoga dengan dibuka program Magister ini bisa memperluas koneksi UTU sehingga Visi UTU sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi dapat segera terwujud.

“Kita mengundang bagi masyarakat yang ingin meningkatkan jenjang pendidikan S2 Magister Ilmu Perikanan, mari bergabung di UTU,” ucap Dr. Ishak Hasan yang menyebutkan sudah melakukan persiapan dengan sangat baik.

Rektor juga mengatakan, selain telah menyiapkan sarana dan prasarana juga terus mendorong para dosen untuk melakukan pengabdian masyarakat. Termasuk di dalamnya adalah melakukan riset dan penelitian-penelitian.

Surat Keputusan S2  itu berdasarkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 403/E/O/2023 tertanggal 2 Mei 2023 tentang Izin Pembukaan Program Studi Ilmu Perikanan Program Magister pada Universitas Teuku Umar.

Pada acara serah terima ini, dihadiri banyak jajaran civitas akademik dari UTU, selain Rektor turut hadir juga Kepala Biro Umum dan Keuangan UTU, Zulfirman, SE., M.Si dan Koordinator Umum Said Adla Fauzan, M.Si (Aduwina Pakeh / Humas UTU)