MEULABOHUTU | Program Studi Sumber Daya Akuatik Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar menyelenggarakan Pelatihan Pembelajaran Berbasis Case Method dan Project Based Learning. Acara ini dilaksanakan di Aula Cut Nyak Dhien, GKT kampus UTU, Kamis (06/06/2024) yang dihadiri oleh Dosen Prodi SDA dan prodi lainnya lingkup FPIK.

Pelatihan ini mendatangkan Dr. Firdus, S.Pd., M.Si dan Ibu  Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Universitas Syiah Kuala sebagai pemateri. Adapun materi yang dibahas mulai dari pengembangan RPS dengan Case Method, ada juga tahapan-tahapan Project Based Learning dan juga cara penerapannya untuk mahasiswa.

Selaku Ketua Program Studi SDA, Heriansyah, M.Si mengharapkan melalui kegiatan  pelatihan ini peserta mampu merancang metode pembelajaran menggunakan kedua metode tersebut. Case Method merupakan metode pembelajaran partisipatif berbasis diskusi untuk memecahkan kasus atau masalah. Penerapan metode ini akan membantu mahasiswa mengasah dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis untuk memecahkan masalah, kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan kreativitas.

Sedangkan, PBL merupakan salah satu metode pembelajaran yang dewasa ini menjadi sesuatu yang sangat diharapkan dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran di PT oleh Kemendikbud Ristek. Metode pembelajaran PBL ditujukan untuk meningkatkan kemampuan softskill mahasiswa dalam memecahkan persoalan yang seringkali dihadapi dalam kehidupan nyata.

Pelatihan pembelajaran berbasis case method dan project based learning diselenggarakan program studi Sumber Daya Akuatik guna memaksimalkan dosen dalam menyusun metode dalam proses belajar mengajar pada fakultas perikanan dan ilmu kelautan universitas teuku umar. Sehingga dosen mendapatkan tambahan pengetahuan serta memudahkan mahasiswa untuk memahami materi yang disampaikan dosen.

Metode pembelajaran ini dapat efektif diterapkan pada Prodi manapun termasuk di Prodi SDA, karena proses pembelajaran akan mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk kreatif dan inovatif. Mahasiswa akan banyak belajar bagaimana menerapkan ilmu SDA dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui pelatihan ini diharapkan peserta mampu meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menyusun perangkat pembelajaran inovatif kreatif dengan menggunakan metode Case method dan Project Based Learning,” ujarnya

Sementara itu, saat membuka acara Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.TP., Maitrise, M.Sc. IPU., mengatakan bahwa dirinya turut bangga dengan Pelatihan yang digelar Prodi SDA ini.

“Saya turut bangga dengan pelatihan ini, Prodi SDA bisa menggelar Pelatihan dengan tema yang sangat bagus. Selain itu, Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa menghasilkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Case Method dan Project Based  Learning untuk MK yang ada di Prodi SDA, ” tuturnya.

Pembelajaran Case Method dan Project Based Learning ini diharapkan bisa menjadikan mahasiswa agar lebih kreatif, inovatif dan mengembangkan kemampuan critical thinking. (Humas UTU)