MEULABOHUTU | Tuan rumah Kongres Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) Korwil 5 Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Kongres BKSTI X tanggal 3-5 Oktober 2023 di Eastparc Hotel Yogyakarta.

Panitia menjelaskan, terdapat utusan dari berbagai wilayah yang meliputi Sumatera I (10 peserta), Sumatera II (24 peserta), DKI Jakarta dan Banten (36 peserta), Jabar (39 peserta), Jateng (20 peserta), DIY (54 peserta), Jatim (40 peserta), dan Indonesia Timur (20 peserta).

Ketua Program Studi Teknik Industri (PSTI), Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar Ir. Gaustama Putra, S.T., M.Sc. dalam hal ini diwakili oleh Ir. Mahmud Basuki, S.T., M.T. menghadiri kegiatan Kongres X BKSTI tidak lain adalah untuk mengupdate perkembangan dalam hal penyelenggaraan Program Studi Teknik Industri guna mewujudkan Teknik Industri Universitas Teuku Umar menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu dan juga memiliki relasi yang luas.

Tujuan Kongres BKSTI diantaranya untuk menentukan arah keberlanjutan Teknik Industri sesuai dengan isu-isu terkini sehingga dapat berkontribusi bagi bangsa. Dalam Kongres BKSTI juga menentukan lokasi atau tuan rumah Kongres berikutnya yaitu Kongres XI 2026 yang akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan penyelenggara adalah Korwil Sumatera I.

Hasil Kongres juga terpilih Ketua Umum baru BKSTI periode 2023-2026 yaitu Bapak Nurhadi Siswanto, S.T., MSIE, Ph.D., dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Sehingga Prof. Bertha Maya Sopha, S.T., M.Sc., Ph.D selaku Ketua Umum BKSTI periode 2020-2023 telah menyelesaikan masa tugasnya dengan baik.

Prof. Bertha Maya Sopha, S.T., M.Sc., Ph.D menyampaikan bahwa BKSTI berperan dalam menampung dan mencari penyelesaian permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi teknik industri. Kemudian juga mengakomodasi kerjasama anggota BKSTI dalam pertukaran informasi dan penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Kegiatan Kongres X BKSTI juga dibarengi dengan Seminar Nasional Teknik Industri (SENASTI) 2023. Kongres X BKSTI mengangkat tema “Toward Industrial Sustainability with The Empowerment of Digital Technology”. Tema ini diangkat untuk sustainability pendekatan strategis terhadap pemanfaatan sumber daya ekonomi, lingkungan, dan sosial untuk kebermanfaatan masa sekarang dan generasi selanjutnya.

Kegiatan lainnya, selain kongres dan seminar terdapat agenda seperti kunjungan industri, sharing session Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) dan sharing session dari industri. Tujuannya adalah untuk meningkatkan wawasan Teknik Industri yang berkaitan dengan sustainability keilmuan teknik industri dan pendidikan tinggi teknik industri.

Sharing session MBKM diisi oleh Nani Kurniati, Ph.D, IPU dari Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS yang telah memiliki pengalaman diantaranya sebagai Kepala Unit Penjaminan Mutu bidang Akademik (2016-2020), Asesor AUN QA (2018), POIR IABEE di ITS (2018-2020), dan lain-lain.

Pembahasannya diantaranya quality assurance dan strategy implementation. Sharing session diisi juga oleh Ir. Ririn Diar Astanti, S.T., M.MT., Dr.Eng, IPM., ASEAN Eng dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang membahas diantaranya tentang outcame based education, bentuk pembelajaran & capaian pembelajaran lulusan (CPL), MBKM & bentuk pembelajaran, dan kegiatan MBKM pada BKSTI Korwil 5 Daerah Istimewa Yogyakarta. (Humas UTU).