MEULABOHUTU  | Universitas Teuku Umar (UTU) kembali mengirimkan delegasi mahasiswa terbaiknya dalam ajang bergengsi tahunan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tahun 2023.

Debater andalan Universitas Teuku Umar tersebut yakni Siti Arafah Carolina dari Prodi Gizi sebagai pendebat 1, Khumaira Dinada Fahrizzard dari Prodi Ilmu Hukum sebagai pendebat 2, dan Juri N1 Adjudicator Nur Hazizah dari Prodi Kesehatan Masyarakat.

Pada putaran final yang berlangsung di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Banten pada 11-18 September 2023 mendatang, debater UTU akan bertarung dengan 112 tim lainnya dari seluruh Indonesia. “Mohon doa restunya agar kami dapat berbuat lebih baik untuk Universitas Teuku Umar,” kata Siti Arafah Carolina, salah satu anggota tim KDMI UTU.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 Universitas Teuku Umar, Ibrahim, SKM., MNSc yang hadir langsung mengikuti kegiatan open ceremony KDMI 2023 mengucapkan syukur alhamdulillah atas capaian tim debat UTU yang lolos ke tingkat nasional KDMI 2023. “Ini patut kita apresiasi, terlebih lawan-lawan berat juga menanti di tingkat nasional. Kuncinya, banyak belajar dan tidak gugup saat tampil di putaran final,” kata Ibrahim

Ibrahim juga mengatakan dua tahun berturut-turut UTU mampu berbicara pada KDMI tingkat wilayah, walau lawan mahasiswa kampus the best ini bukan dari kampus sembarangan. Dari Aceh saja, kata dia, ada kampus negeri seperti USK, Unimal, Unsam dan kampus lainnya. “Semoga tahun ini kita dapat berbuat lebih untuk nama UTU khususnya, dan Aceh pada umumnya,” Pungkas Ibrahim

Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) adalah lomba debat untuk mahasiswa tingkat nasional yang menggunakan bahasa indonesia. Kompetisi di bidang debat berbahasa Indonesia merupakan salah satu kegiatan aktualisasi diri bagi mahasiswa Indonesia. Kegiatan debat antar Perguruan Tinggi berskala nasional dikemas dalam kegiatan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).