MEULABOHUTU | Perguruan tinggi dalam mengemban tugasnya sebagai institusi ilmiah memiliki kewajiban untuk menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi yakni melaksanakan pengajaran (pendidikan), penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Kolaborasi antara perguruan tinggi dengan instansi pemerintah merupakan satu keniscayaan. Peran perguruan tinggi menunjukkan bahwa pendidikan tinggi selain menghasilkan sumberdaya manusia yang cerdas, juga menjadi pusat riset yang akan melahirkan inovasi (teknologi material, sosial dan moral) yang akan diabdikan kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk university social responsibility.

Atas dasar tersebut, Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar pada Kamis (23/11/2023) bertempat di Aula Iskandar Muda, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU mengadakan Studium Generale bagi mahasiswa dengan tema “Kolaborasi dan Partisipasi dalam perencanaan Pembangunan”.

Kuliah Umum ini dibuka dan dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar, Basri, S.H., M.H dengan didampingi Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Nodi Marefanda, M.A.P, Sekretaris Prodi Ilmu Administrasi Negara, Muntaha Mardhatillah, S.A.P., M.A.P dan para dosen Program Studi Ilmu Administrasi Negara

Ketua panitia pelaksana Studium Generale Zuhrizal Fadhli, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang telah terjalin selama ini antara Universitas Teuku Umar dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya.

Bertindak sebagai Narasumber adalah Wistha Nowar, S.Pt., M.Si (Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah / Bappeda Kabupaten Aceh Barat) dan Kepala Bappeda Kabupaten Nagan Raya Rahmattulah, S.STP., M.Si yang diwakili oleh Kabid Perencanaan, pengendalian dan evaluasi Pembangunan Daerah, Syarizal Budian Putra, ST, dengan Moderator, Cut Asmaul Husna, MA (Dosen Program Studi Ilmu Administrasi Negara).

Dekan FISIP, Basri, SH., MH dalam sambutannya mengapresiasi Prodi IAN UTU yang telah menyelenggarakan kegiatan Studium Generale ini dengan menghadirkan Kepala Bappeda dari dua Kabupaten di Wilayah Barat Selatan Aceh.
“Kegiatan ini sangat tepat, semoga dapat berlanjut pada tahap implementasi pada kegiatan-kegiatan di masing-masing instansi, SDM yang ada di IAN UTU dapat dilibatkan dalam menyukseskan program di BAPPEDA Nagan Raya maupun di Bappeda Aceh Barat.

Sementara kedua narasumber dalam paparannya menyebutkan sinergi antara Universitas dengan pemerintah menjadi Langkah nyata dan penting untuk Pembangunan bagi kesejahteraan rakyat dan semoga memberi kemaslahatan bagi ummat.

Dijumpai seusai Studium Generale, Kaprodi IAN UTU Nodi Marefanda kepada Humas UTU mengatakan kegiatan perkuliahan umum merupakan salah satu wujud pembelajaran yang diterapkan oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UTU, yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dari perspektif praktisi.

Prodi IAN merupakan salah satu prodi di UTU yang memiliki akreditasi Baik, dan banyak menghasilkan kegiatan penelitian dan pengabdian dalam bidang pelayanan publik serta pemberdayaan masyarakat. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).