MEULABOHUTU | Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar  mendatangkan seorang profesor ternama dari Universitas Andalas, Prof. Dr. Eng. Ir. Gunawarman, MT untuk menjadi pembicara pada Stadium General yang mengangkat tema “Optimalisasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Teknik Untuk Menyiapkan Generasi Indonesia Emas 2045”.

Prof Gunawarman merupakan professor dibidang rekayasa materials/ yang juga menjabat sebagai Koordinator Prodi S3 Teknik Mesin Universitas Andalas, Padang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Cut Nyak Dhien, Gedung Kuliah Terintegrasi, Kampus UTU tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor UTU yang diwakili Wakil Rektor II Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd. Turut hadir Dekan Fakultas Teknik beserta jajaran pimpinan serta dosen Program Studi Lingkup Fakultas Teknik, Dinas pemerintah daerah Aceh barat dan Nagan Raya, para mitra.

Juga hadir para tamu undangan dari pihak eksternal seperti  PII Cabang Aceh Barat, Dinas PUPR, Perkim, Kominsa, Dinas transmigrasi dan tenaga kerja, DPMG, PT Mifa Bersaudata, dan  PLTU Nagan Raya, dan mahasiswa/i fakultas Teknik.

Prof Nyak Amir dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih yang luar biasa atas kesediaan Prof Gunawarman menjadi narasumber dalam acara ini. Beliau juga memaparkan pandangannya mengenai tema Stadium General FT 2024 dalam hal membentuk Generasi Emas 2045.

“Selamat datang di Universitas Teuku Umar Prof Gunawarman, semoga kehadiran Prof dapat memantik semangat para civitas akademika UTU dalam meningkatkan kompetensi serta mempersiapkan generasi emas tahun 2045, mari kita ikuti kegiatan ini dengan seksama,” kata Prof Nyak Amir.

Terkait dengan tema, Prof Nyak Amir turut menjelaskan bahwasanya tantangan yang dihadapi oleh Indonesia semakin kompleks. “Oleh karena itu, pendidikan karakter menjadi landasan yang kuat dalam menyiapkan generasi penerus yang berkualitas dan mampu menghadapi dinamika global dengan kepribadian yang tangguh.” pungkas Prof Nyak Amir

Sementara itu Dekan Fakultas Teknik UTU, Dr. Ir. Irwansyah, ST.M.Eng., IPM dalam sambutannya menyatakan bahwa pendidikan karakter merupakan salah satu issue penting dalam dunia pendidikan di Indonesia saat ini, dimana bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya.

“Keberhasilan dalam pendidikan karakter salah satunya memungkinkan laju perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat dikendalikan dan dimanfaatkan untuk kemaslahatan kehidupan manusia, peningkatan perekonomian, kesejahteraan, dan juga peningkatan mutu pendidikan di Indonesia sehingga menghasilkan generasi Indonesia emas di tahun 2045. “ papar Dr. Irwansyah

Dalam pemaparannya,  Prof Gunawarman menekankan  pentingnya pendidikan karakter bagi generasi bangsa dan perlu dilatih dari dini. “Karakter seseorang dibentuk sejak dini dan dipengaruhi oleh keluarga, sekolah atau lingkungan pendidikan, kemudian juga lingkungan masyarakat,” jelasnya

Prof Gunawarman juga menjelaskan karakter-karakter yang perlu dimiliki dan ditanamkan dalam perkuliahan oleh mahasiswa dalam tujuan menjadi generasi yang beretika.

“Kesabaran, Empati, Jujur, Adil, Ikhlas serta Bertanggung jawab adalah beberapa karakter yang perlu dimiliki oleh mahasiswa yang akan sangat bermanfaat  bahkan sampai saat mahasiswa memasuki dunia kerja nanti,” tambah Prof Gunawarman.

Karakter yang baik akan mengantarkan mahasiswa menjadi lulusan yang berdaya saing tinggi. “Generasi yang berdaya saing tinggi inilah yang perlu disiapkan untuk mencapai Generasi Indonesia Emas 2045 ”, pungkas Prof Gunawarman. (Humas UTU).