MEULABOH – UTU | Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, satuan penjaminan mutu fakultas dan prodi di lingkup FISIP UTU melakukan benchmarking ke Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yakni 6-7 Juni 2024.

Hari pertama, kegiatan benchmarking dilakukan di gedung rektorat lama lantai II ruang Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) USK. Dalam hal ini didampingi oleh Dekan FISIP UTU yakni Bapak Basri, S.H, M.H.
Kunjungan ini disambut baik oleh Ketua LPM, Prof. Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng, Sekretaris LPM, Dr. Yanis Rinaldi, S.H., M.Hum, dan Para Ketua Pusat Pengembangan LPM USK.

Seluruh rangkaian kegiatan diikuti oleh peserta yg berhadir adalah Agatha Debby Reiza Macella, M.Si (Ketua SPMF FISIP), Adella Yuana, S.H. M.H. (Anggota SPMF FISIP), Devi Intan Chadijah, M.Sos. (GKM Prodi Sosiologi), Hj. Rizky Amalia Syahrani, M.Sos. (GKM Prodi Ilmu komunikasi), Cut Nabilla Kesha, M.Pd (GKM Prodi IAN), dan M. Nahyan Zulfikar, S.H., M.H. (GKM Ilmu Hukum).

Kegiatan hari pertama diisi dengan presentasi oleh Pimpinan dan Para Kepala Pusat Pengembangan LPM terkait dengan tugas dan fungsi LPM secara umum, SPMI dan Manajemen Pengelolaan Mutu di USK. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan sharing pengalaman LPM dalam mengawal mutu di USK.

Tak hanya membahas peran LPM di tingkat universitas, Tim LPM USK juga mengaitkan peran fakultas & prodi dalam mendukung suksesnya pengelolaan jaminan mutu di tingkat Universitas. Rombongan juga mendapat sharing pengalaman seperti best practise pelaksanaan SPMI di USK dalam rangka menyusun strategi dan langkah-langkah yang diperlukan dalam rangka menghadapi Re-Akreditasi dan ISK Prodi di lingkup FISIP UTU.

Hari kedua, kunjungan dilakukan ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan USK. Rombongan mendapat informasi dan pengetahuan terkait pengelolaan sistem penjaminan mutu, pengembangan akreditasi, teknologi informasi dalam mengawal mutu di tingkat Fakultas.

Dalam kegiatan kunjungan benchmarking ini, masing-masing tim penjamin mutu FKIP USK menyampaikan tentang pelaksanaan penjaminan mutu, standar, dan tahapan kegiatan AMI yang telah terintegrasi melalui satu sistem web terintegrasi yang diharapkan dapat diimplementasikan di FISIP Universitas Teuku Umar. (HUMAS UTU).