MEULABOHUTU | Silaturahmi Wilayah Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) Aceh dirangkai dengan Seminar Nasional Masjid Kampus dan Pembukaan Pembelajaran Pembinaan Karakter P3AI telah dilaksanakan di Universitas Teuku Umar, Meulaboh dengan mengangkat tema ”Sinergi Masjid Kampus untuk Penguatan Ekosistem Calon Pemimpin Bangsa Masa Depan Menuju Peradaban Unggul” pada 28 – 29 Agustus 2023.

Rangkaian kegiatan Silaturahmi Wilayah dihadiri 2300 peserta diantarnya mahasiswa Universitas Teuku Umar, pimpinan Perguruan Tinggi Universitas Teuku Umar, Pengurus Wilayah AMKI Aceh dan Dosen Takmir Masjid serta AMKI Muda Se-Aceh dengan total perwakilan 9 Perguruan Tinggi, Universitas Teuku Umar, Universitas Syiah Kuala, Institut Seni Budaya Indonesia Aceh (ISBI Aceh), Universitas Malikussaleh, Universitas Samudra, IAIN Langsa, STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Universitas Almuslim, STIMI Meulaboh

Ir. Sulaiman Ali, ST., MT selaku Ketua AMKI Wilayah Aceh dalam sambutan nya menyampaikan AMKI MUDA merupakan sebutan untuk perkumpulan Mahasiswa Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) merupakan platform persiapan pemimpin bangsa berbasis masjid kampus.

AMKI Muda membangun pondasi pemimpin diawali dengan menguatkan pondasi spiritual dan AMKI memiliki program utamanya yaitu pembinaan kepemimpinan di kalangan Generasi Muda Kampus serta pembinaan tata kelola Masjid Kampus maupun pemberdayaan Masjid Kampus secara umum dan menjadikan Masjid Kampus sebagai pusat pendidikan karakter calon pemimpin bangsa dalam rangka mewujudkan negara-bangsa yang kuat, bermartabat dan menjadi rahmat bagi semesta alam.

Silatwil AMKI Muda ini dibuka oleh Rektor Universitas Teuku Umar Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si ia mengungkapkan bahwa pentingnya perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan untuk membina tidak hanya sekedar pengetahuan, namun juga karakter dan keterampilan mahasiswa.

Pelaksanaan Seminar Nasional yang dilaksanakan setelah pembukaan kegiatan, diwarnai dengan berbagai motivasi yang diberikan oleh tokoh nasional, kegiatan seminar dimoderatori oleh Ir. Sulaiman Ali, S.T., M.T selaku Ketua Pengurus Wilayah AMKI Aceh.

Prof. Ir. Hermawan Kresno Dipojono, MSEE., Ph.D., IPU selaku narasumber pertama yang merupakan Ketua Umum Pengurus Pusat AMKI dan Ketua Senat Institut Teknologi Bandung (ITB) mengungkapkan bahwa pentingnya menjadi pemuda ambisius yang punya mimpi dan imajinasi besar untuk menuntut ilmu dan membangun negeri.

”Manusia diciptakan Allah SWT dengan imajinasi yang menjadi bekal untuknya melaksanakan perintah Allah SWT untuk menyembah-Nya dan mengelola bumi sebagai Khalifah fil ard. Dalam mengembangkan bekal imajinasi itu, manusia harus berani keluar dari zona nyaman, mengambil resiko, dan banyak berjalan melihat berbagai sisi bumi untuk menambah khazanah keilmuan untuk bekal mengurus bumi.” ujar Prof. Hermawan.

Hal yang serupa juga disampaikan oleh narasumber kedua, KH. Dedy Ahmad Syaikhu Al Hafidz, Lc., MA selaku Pimpinan Mahad Tahfidhul Qur’an Wa Ulumih Bogor Jawa Barat yang menekankan pentingnya berjalan ke berbagai sisi bumi untuk mendakwahkan Islam sebagai pedoman hidup serta narasumber ketiga, Dr. Tgk. Amri Fatmi, Lc., MA selaku Pendiri Darul Qur’an Yazzakka, Sigli Aceh yang menekankan pentingnya menjaga akhlak yang merupakan inti hidup manusia untuk menjadi mulia.

Acara seminar nasional ditutup setelah sesi tanya jawab yang diikuti secara antusias oleh para mahasiswa, yaitu pemberian buku “Seni Berbisnis Jusuf Kalla, Memadukan Spiritualitas, Profesionalitas, dan Kearifan Lokal” dari Ketua Umum Pengurus Pusat AMKI kepada para narasumber dan pimpinan Universitas Teuku Umar.

Setelah Seminar Nasional dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan Silaturahmi AMKI Muda se-Aceh yang diikuti perwakilan Takmir Masjid Kampus Se-Aceh. Kegiatan diisi oleh Fasilitator AMKI Muda, Muhamad Daris Al Husna, S.T yang membahas tentang pentingnya peran Takmir Mahasiswa di Masjid Kampus dan Sosialisasi Jambore Nasional AMKI Muda yang akan dilaksanakan di Bandung pada 25 – 31 Desember 2023, kemudian pemateri kedua Syachrial, S.T., M.SP selaku Wakil Manajer Program Yayasan Rumah Amal Bandung yang memberikan sosialisasi pentingnya pengelolaan Zakat, Infaq, Shadaqah di Masjid Kampus sebagai modal penggerak kebaikan.

Hasil pertemuan adanya komitmen dan kolaborasi AMKI Muda Aceh untuk berangkat ke Jambore Nasional AMKI dan melakukan peningkatan bersama kualitas AMKI Muda dan Masjid Kampus di wilayah Aceh, acara dilanjutkan dengan pengukuhan koordinator AMKI Muda Wilayah Aceh.

Kegiatan Silaturahmi Wilayah AMKI Muda Aceh ditutup dengan kunjungan ke situs Sejarah di Meulaboh yaitu Kupiah Meukutop Teuku Umar Djohan Pahlawan. (Humas UTU).