MEULABOHUTU |Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2023 tingkat nasional  mempertemukan tim-tim unggulan untuk mencari inovasi di dunia penerbangan. Mewakili Universitas Teuku Umar, tim Untema meluncurkan pesawat terbarunya yang siap unjuk gigi pada dua divisi di KRTI 2023, Jumat (22/9).

Ketua tim Untema Arfriansyah mengungkapkan, KRTI merupakan ajang tahunan yang menantang pesertanya untuk membuat inovasi pesawat tanpa awak. Pada sembilan divisi yang diperlombakan, tim Untema UTU berhasil lolos 3 tim pada tahap seleksi wilayah yang berlangsung pada 13-15 Agustus 2023, dan dua tim akan melanjutkan langkahnya ke tahap nasional. Adapun tahap tersebut akan dilaksanakan pada 22 hingga 27 September mendatang di Pangkalan Udara (Lanud) Astra Ksetra, Lampung.

Tim ini akan membawa dua pesawat kebanggaannya untuk bertanding di Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Keduanya Untema team yang berlaga pada divisi Technology Development Airframe Innovation serta team Untema 2 pada divisi Technology Development (PSD)/ ESC /ECU.

Mahasiswa prodi Teknik Mesin ini menjelaskan, persiapan juga dilakukan untuk memastikan pesawat dapat mengudara dengan performa terbaiknya. Mulai dari modifikasi komponen hingga penyesuaian program dilakukan untuk mengamankan podium juara nantinya. “Latihan rutin terus dilakukan untuk mendapatkan kombinasi terbaik komponen dan sistem yang bisa terpasang di pesawat-pesawat ini,” tambah Arfriansyah dan turut didampingi ketua Tim UNTEMA #2 Bayu Agung Pratama.

Dengan segala persiapan yang ada, Arfriansyah berharap, timnya dapat meraih juara di dua divisi KRTI 2023 yang diikuti. “Tentu berharap segala hasil kerja dan persiapan yang dilakukan dapat berbuah manis nantinya,” tutupnya optimistis.

Kedua tim tersebut berhasil lolos ke tingkat wilayah KRTI 2023 yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 13-15 Agustus 2023.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ibrahim, SKM., MNSc melalui humas  mengapresiasi keikutsertaan mahasiswa UTU dalam KRTI 2023. “Ini merupakan upaya untuk meningkatkan minat dan bakat mahasiswa di bidang robotika, serta mengembangkan inovasi dan teknologi di bidang penerbangan,” kata Ibrahim

Harapannya, kedua tim UTU dapat meraih prestasi yang gemilang dan mengharumkan nama Universitas Teuku Umar di kancah nasional. (Humas UTU).