MEULABOHUTU | Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar siap menjalani reakreditasi yang akan dilaksanakan tahun 2024 ini. Segala persiapan telah dilakukan sejak 2023 mulai dari pembentukan tim hingga penyusunan dokumen sesuai dengan instrumen dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) Teknik.

Sebelum melakukan submit dokumen akreditasi ke website LAM Teknik, program studi Teknik Mesin telah melakukan beberapa kali review dokumen Lembar Evaluasi Diri (LED) dan Lembar Kinerja Program Studi (LKPS), salah satunya yang dilaksanakan pada Selasa (9/1/2024) lalu.

Dalam kegiatan review ini menghadirkan narasumber eksternal yaitu Prof. Dr. Ir. Zahrul Fuadi, S.T., M.Sc. IPM., ASEAN.Eng dari Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Teuku Umar Dr. Ir. Irwansyah, S.T., M.Eng., IPM mengapresiasi kerja seluruh tim yang telah menyusun dokumen reakreditasi yang diperlukan.

Menurutnya, akreditasi merupakan salah satu poin dalam perjanjian kinerja institusi. Dimana, Badan Penjaminan Mutu  menargetkan seluruh unit pendidikan bisa meraih akreditasi maksimal.

“Kita berharap target akreditasi ‘Baik Sekali’ bisa dicapai dengan melihat kinerja dari program studi Teknik Mesin yang telah dilakukan,”kata Irwansyah

Workshop ini adalah langkah nyata untuk memastikan bahwa Prodi Teknik Mesin siap untuk menyongsong penilaian akreditasi untuk memperoleh hasil yang terbaik. “Hal ini juga untuk tetap memastikan bahwa prodi teknik mesin menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa yang ingin mengembangkan diri dalam bidang rekayasa ilmu pemesinan,” ujar Dekan FT UTU.

Sebelumnya Wakil Rektor III Ibrahim, SKM., MNSc dalam sambutan pembukaan menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya workshop ini. Ia juga menyambut baik kehadiran asesor ekternal untuk memberikan masukan dan penilaian terhadap dokumen akreditasi Prodi Teknik Mesin.

Kemudian dalam paparannya, narasumber  Prof Zahrul Fuadi menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi perbaikan dan memastikan bahwa semua persyaratan akreditasi yang telah ditetapkan oleh Lembaga Akreditasi Teknik (LAMTEK) dapat terpenuhi.

Salah satu sesi workshop yang menjadi fokus utama adalah pembahasan dokumen akreditasi Lembaga Evaluasi Diri (LED). Para peserta workshop secara bersama-sama melakukan evaluasi mendalam terhadap setiap bagian dokumen tersebut, mencari potensi penyempurnaan, dan memastikan bahwa informasi yang disajikan sesuai dengan kondisi aktual Prodi Teknik Mesin.

Selain itu, Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) juga menjadi perhatian utama dalam workshop ini. Para peserta secara kolaboratif menganalisis pencapaian dan proyeksi pengembangan program studi Teknik Mesin. Evaluasi ini melibatkan penilaian terhadap aspek kurikulum, fasilitas, sumber daya manusia, dan hubungan Prodi dengan stakeholder terkait.

Ketua Jurusan Teknik Mesin selaku penanggung jawab kegiatan juga menuturkan kegiatan ini merupakan refleksi kesiapan prodi teknik mesin menghadapi pengajuan akreditasi yang akan segera berakhir. Workshop ini diakhiri dengan penyusunan rencana tindak lanjut untuk implementasi perbaikan dan pengembangan yang diidentifikasi selama kegiatan evaluasi.

Para peserta sepakat untuk terus berkolaborasi dan melibatkan semua pihak terkait guna mencapai standar akreditasi yang lebih tinggi dan memberikan pengalaman belajar yang optimal bagi mahasiswa Prodi Teknik Mesin.