MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar menyelenggarakan peresmian Masjid Nurul Ilmi yang terletak di komplek kampus UTU Alue Penyareng pada Rabu (13/3/2024). Sebuah momentum bersejarah yang menggambarkan komitmen universitas dalam memperkuat nilai-nilai spiritualitas civitas akademika. Acara peresmian dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, Kepala Biro, para dekan, dosen dan mahasiswa serta tokoh masyarakat.

Rektor UTU Prof Dr Drs Ishak Hasan, M.Si dalam sambutannya mengharapkan dengan diresmikan penggunaan masjid yang diberi nama Nurul Ilmi ini kedepan dapat menjadi tempat pembinaan karakter bagi mahasiswa dan masyarakat. “Mudah-mudahan masjid ini dapat menjadi pusat pengembangan karakter mahasiswa dan juga jembatan antara kampus dan masyarakat,” ujar Prof Ishak Hasan

Rektor mengungkapkan, peresmian Masjid Nurul Ilmi bukan sekedar bangunan fisik, namun diharapkan dapat sejalan dengan tujuan pendidikan. Juga, mewujudkan visi UTU sebagai sumber inspirasi dan referensi dalam bidang agro and marine industri dengan menjaga, memelihara, dan mengembangkan syiar Islam melalui Masjid.

“Harapannya tentu sesuai dengan tujuan pendidikan, yaitu menghasilkan manusia yang berakhlak mulia, memiliki kompetensi, dan menjadi tempat untuk melakukan pencerahan karena kedepannya kita akan mengundang berbagai narasumber untuk mengisi kajian di masjid kampus,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengajak para civitas akademika Universitas Teuku Umar dan masyarakat sekitar untuk memakmurkan Masjid yang dibangun dari sumber anggaran APBA ini. “Mari kita makmurkan bersama masjid ini. Kemakmuran masjid ini adalah ketika kita i’tikaf disini dan membaca Al-Qur’an. Semoga masjid ini sebagai pengingat bahwa kita sewaktu-waktu akan diminta pertanggungjawaban maka bekerja dengan sebaik-baiknya,” sambung Prof Ishak Hasan

Rektor juga berharap dengan hadirnya Masjid Nurul Ilmi ini akan semakin mendekatkan para pegawai UTU kepada Allah SWT dan menjadi pribadi yang sesuai dengan nama masjid tersebut. “Alhamdulillah kita mempunyai masjid, salah satu tempat kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dan semoga dengan begitu memberikan keberkahan kepada kita atas segala aktivitas yang kita lakukan karena kita tentu saja yakin di atas prestasi-prestasi yang Insyaallah sudah kita raih itu ada campur tangan Allah SWT.” ucap Prof. Ishak Hasan

Lanjut Rektor, Masjid ini dibangun sebagai pusat peradaban. Oleh karena itu, Dosen dan mahasiswa diberi kesempatan untuk mengurus masjid dan melakukan berbagai kegiatan, sehingga menjadi tempat pengembangan pengetahuan keislaman,” tutupnya.
Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pemotongan pita sekaligus penyerahan prasasti Masjid Nurul Ilmi Universitas Teuku Umar, dilanjutkan dengan foto bersama. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).