MEULABOHUTU | Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya membuka seleksi calon tenaga profesional untuk bertugas membantu penyelenggaraan, pengelolaan dan pengembangan zakat, infak di Baitul Mall daerah tersebut untuk masa jabatan 2023-2028.

Untuk menyukseskan proses seleksi tenaga profesional tersebut, Ketua Baitul Mal Nagan Raya dan Rektor Universitas Teuku Umar telah bersepakat melibatkan akademisi UTU sebagai tim penguji.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Sekretariat Baitul Mal Nagan Raya, Firdaus, MKM sesuai menggelar pertemuan dengan Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si di ruang kerja Rektor, Gedung Rektorat, Kampus UTU, Alue Penyareng, Senin (10/7/2023).

Firdaus menyebutkan proses pendaftaran rekruetmen tenaga profesional Baitul Mal kabupaten Nagan Raya resmi ditutup, dengan jumlah pendaftar 100 orang peserta dengan komposisi formasi bidang yang telah ditentukan.

“Kami sekretariat hanya menerima pendaftaran dan menyeleksi administrasi sebagaimana ketentuan umum dalam pengumuman yang kami terbitkan. Selanjutnya peserta yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti  tes baca Alquran dengan tim penguji dari LPTQ Nagan Raya. Kemudian  kami akan menyerahkan  kepada tim penguji independent dari Universitas Teuku Umar,” jelas Firdaus

Untuk diketahui, Pemerintah Kab. Nagan Raya telah melakukan MOU dengan Universitas Teuku Umar dalam beberapa aspek termasuk dalam konteks pengembangan sumber daya manusia seperti proses rekruetmen ini.

Kebijakan tersebut dilakukan dalam rangka untuk mendapatkan tenaga profesional yang berkompetensi dan berkualitas, sekaligus ini sebagai perwujudan konsep transparansi & akuntabilitas dalam rangka pelaksanaan fungsi & tugas Lembaga Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya sebagaimana diamanahkan dalam Qanun Aceh No.3 thn 2021 Tentang Baitul Mal atas perubahan Qanun Aceh No. 10 Tahun 2018.

Berkaitan dengan hal dimaksud kami telah menggelar pertemuan dengan Rektor UTU agar mengutus tim penguji dalam rangka proses rekruetmen tersebut. Alhamdulilah nama- nama penguji sudah kami terima melalui surat Rektor Universitas Teuku Umar yang ditandatangani oleh Wakil Rektor II Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd.

Ujian tulis dalam bentuk Computer Asisten Test di lakukan di Laboratorium Teknologi Informasi Komputer Universitas Teuku Umar.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus CAT maka akan mengikuti proses Fit and propertest yang juga akan di lakukan oleh Tim di Universitas Teuku Umar.

Sekretariat Baitul Mal Nagan Raya menerima hasil  proses yang dilakukan oleh Tim Penguji yang sifatnya final dan tetap, artinya tidak bisa diganggu gugat, yang dinyatakan memenuhi kriteria  tersebut selanjutnya akan di usulkan kepada Bupati Nagan Raya untuk diangkat sebagai Tenaga Profesional Baitul Mal Nagan Raya.

“Diharapkan tahapan proses rekrutmen ini akan selesai di akhir Juli 2023 dan berhasil merekrut tujuh orang tenaga profesional dalam memaksimalkan pengelolaan zakat, infak, wakaf & shadaqah,” pungkas Firdaus.

Sementara itu Rektor UTU Dr. Ishak Hasan menyampaikan apresiasi kepada Baitul Mal Nagan Raya atas inisiatif pelibatan akademisi UTU dalam proses seleksi tenaga Profesional Baitul Mal.

“Semoga dapat terpilih tenaga profesional yang sesuai dengan yang diharapkan dan mampu melaksanakan tugas dan kewajiban yang diamanahkan oleh Baitul Mal,” Kata Rektor

Rektor juga mengapresiasi langkah lembaga baitul mal yang selama ini telah memberdayakan zakat tidak hanya untuk konsumtif saja, melainkan sudah ke tahap produktif.

Menurutnya upaya tersebut merupakan langkah yang tepat dalam memutus mata rantai kemiskinan di Aceh, khususnya di Nagan Raya karena jika bantuan diberikan dalam bentuk habis pakai, maka kemiskinan akan terus bertambah, bahkan lebih parah.

“Mungkin kedepan Baitul Mal Nagan Raya dapat mengalokasikan zakat senif Ibnu Sabil yang akan diperuntukkan kepada mahasiswa asal nagan Raya yang kuliah di UTU, tentunya dari keluarga kurang mampu yang belum tertampung dalam beasiswa KIP-K,” harap Rektor. (Humas UTU).