MEULABOHUTU | Sebagai bagian dari persiapan re-akreditasi Program Studi S1 Sumber Daya Akuatik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Teuku Umar, pada hari Kamis, 7 September 2023, telah melaksanakan rapat penyelsaian penyusunan dokumen Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan Laporan Evaluasi Diri (LED).

Rapat ini diikuti oleh seluruh tim penyusunan LKPS dan Korpus Penjaminan Mutu dan Audit Monev Internal UTU, Triyanto, MA. Tujuan rapat ini adalah untuk menyamakan persepsi dan pemahaman tentang kriteria dan indikator penilaian akreditasi, serta untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan prodi dalam memenuhi standar akreditasi.

Selain itu, dalam rapat tersebut juga mengevaluasi kinerja prodi dalam aspek-aspek seperti visi-misi-tujuan-sasaran-strategi, tata pamong, mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum-pembelajaran-dan-suasana akademik, penelitian-pengabdian kepada masyarakat-dan-kerjasama, serta penilaian hasil belajar.

Kegiatan rapat diawali dengan presentasi dari ketua tim LKPS yaitu Faliqul Isbah, S.Kel., M.Si  yang menjelaskan secara rinci capaian prodi yang telah berhasil dituangkan kedalam narasi LKPS beserta dokumen pendukungnya. Kemudian dilanjutkan dengan ulasan dari Triyanto, S.Sos., MA yang memberi saran dan masukan serta simulasi awal dari bukti dokumen yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh BAN_PT.

Dalam Rapat tersebut dirumuskan beberapa hal terkait Program Studi yaitu dengan memenuhi kriteria 9, diantaranya : 1) Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi, 2) Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama, 3) Mahasiswa, 4) Sumber Daya Manusia, 5) Keuangan, Sarana, dan Prasarana, 6) Pendidikan, 7) Penelitian, 8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan 9) Luaran dan Capaian Tridharma.

Bagian terpenting dalam kegiatan ini adalah melakukan simulasi penilaian, sehingga diketahui estimasi kisaran nilai yang akan diperoleh, sehingga bisa lebih dioptimalkan penulisan narasi dan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

Acara ditutup dengan penyampaian strategi tindak lanjut yang disampaikan langsung oleh Ketua Program Studi Sumber Daya Akuatik Heriansyah, S.Pi., M.Si.

“kegiatan ini merupakan bentuk koordinasi dalam penyusunan borang akreditasi dimana sejauh ini penyusunannya sudah mencapai 80%, dengan adanya rapat ini diharapkan akreditasi yang dicapai oleh Program Studi Sumber Daya Akuatik akan mencapai hasil yang optimal ”. Katanya

“Mari kita sharing, pastikan kita selalu optimis dalam menghadapi setiap perubahan dan kebijakan. Untuk itu kami mohon kepada tim LKPS agar dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Humas UTU).