MEULABOHUTU | Ratusan siswa siswi kelas XII dari sejumlah SMA/SMK se Kabupaten Nagan Raya mengikuti Sosialisasi dan Promosi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Universitas Teuku Umar Tahun 2024 yang dipusatkan di SMAN 1 Kuala, Ujong Fatihah, Selasa (23/1/2024).

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Nagan Raya, yang diwakili Kepala Subbagian Tata Usaha Cabang Roni Elfahmi, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada tim sosialisasi atas kehadirannya di Nagan Raya.

Terimakasih kami sampaikan kepada tim sosialisasi yang telah berhadir di tempat kami, ini merupakan kesempatan emas bagi siswa siswi kelas XII, karena ini upaya kita dalam rangka meningkatkan mutu lulusan.

Lebih lanjut Roni Elfahmi menyampaikan bahwa Sosialisasi Perubahan Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2024 ini suatu keharusan, bagi sekolah ini salah satu indikator peningkatan mutu, yakni lulus pada Perguruan Tinggi Negeri.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri langsung Wakil Rektor I UTU, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M. Agric. Sc., yang juga menjabat Ketua Tim SNPMB UTU 2024. Dr. M. Aman Yaman dalam paparannya mengajak dan memotivasi para siswa kelas XII di kabupaten Nagan Raya untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, khususnya di Universitas Teuku Umar.

“UTU saat ini memiliki 6 Fakultas dengan 23 program studi yang dapat menjadi pilihan bagi para siswa/i calon mahasiswa sesuai dengan bakatnya masing-masing,” ujar M. Aman Yaman.

Ditambahkan, UTU memiliki insfrastruktur dan sumber daya dosen yang sangat mumpuni untuk mendidik generasi bangsa, khususnya dari Nagan Raya.

“kami berharap adik-adik generasi hebat dari Nagan Raya ini dapat memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya,” ungkap Dr. M. Aman Yaman.

Adapun UTU pada tahun 2024 ini memiliki daya tampung sebanyak 2700 kursi dengan kuota untuk calon mahasiswa baru jalur SNBP minimal 40%, SNBT minimal 50% dan jalur Mandiri 10%.

Sementara itu, Basri, SH., MH selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang juga berperan sebagai narasumber dalam paparannya menjelaskan ada tiga jalur dalam penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan ketiga  jalur mandiri.

“Adapun tata cara dan jadwal pendaftaran tersebut dapat dilihat pada brosur yang telah dibagikan atau pengumuman pada website atau laman resmi UTU melalui laman https://pmb.utu.ac.id/ ,” kata Basri

Basri berharap dengan terlaksananya sosialisasi SNPMB di Kabupaten Nagan Raya ini, dapat menjadi dorongan, motivasi serta semangat para siswa dan siswi untuk masuk ke perguruan tinggi.

Untuk memotivasi para siswa agar melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi, perlu dilakukan sosialisasi, antara lain menyampaikan informasi tentang program studi, proses perkuliahan serta penjelasan mekanisme pendaftaran kuliah bagi calon mahasiswa baru.

Adapun syarat bagi Sekolah yang akan ikut SNBP 2024 adalah SMA/MA/SMK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN). Sementara ketentuan akreditasi untuk menentukan siswa eligible, yaitu Sekolah akreditasi A sebesar 40 persen siswa terbaik, Sekolah akreditasi B sebesar 25 persen siswa terbaik, dan Sekolah akreditasi C sebesar 5 persen siswa terbaik.

Turut hadir dalam acara sosialisasi SNPMB 2024 ini para kepala sekolah dan operator sekolah. Dalam rangka menyukseskan sospro ini, tim UTU turut diperkuat oleh Maidi Saputra, ST., MT (Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik), Maiza Duana, S.K.M., M.Kes (Kaprodi Kesehatan Masyarakat) dan Hendri Muhajir, SE selaku Staf Humas biro AKPK UTU (Aduwina Pakeh / Humas UTU).