MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) berhasil meraih 10 juara dalam Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Aceh ke XVI 2024 yang berlangsung di Kampus Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Jantho yang berakhir, Kamis (27/6/2024).

Bahkan, salah seorang mahasiswa Universitas Teuku Umar atas nama Putri Isyelda Alicia Ritonga yang berhasil menyabet juara 1 untuk tangkai lomba baca puisi putri akan mewakili Aceh dalam Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) yang akan digelar di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) September  mendatang.

Dalam Peksimida yang diikuti 298 peserta dari 18 perguruan tinggi se-Aceh itu, mahasiswa Universitas Teuku Umar  berhasil meraih 10 juara dari 15 tangkai yang diikuti.

Ke 10 juara tersebut adalah tangkai baca puisi putri juara 1 atas nama Putri Ritonga, Baca puisi putra juara 2 (Bahrul Ulum), Vocal Group juara 3, Nyanyi Pop putra juara 3 (fajar abdi), Nyanyi keroncong putri juara 3 (selvi), penulisan Lakon Juara 2 (said), Nyanyi seriosa putra juara 2 (asri), Nyanyi seriosa putri juara 3 (raudah), Nyanyi keroncong putra juara 3 (muharradin fahri), dan Fotografi jurnalistik juara 2 (fuadi).

Wakil Rektor III Universitas Teuku Umar, Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc di sela-sela acara penutupan Peksimida XVI Aceh menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada seluruh kontingen UTU, baik mahasiswa yang ikut bertanding, pelatih, dosen pendamping dan pegawai yang turut mendampingi secara intensif baik selama pelaksanaan kegiatan berlangsung maupun jauh-jauh hari sejak persiapan dilakukan.

“Syukur Alhamdulillah mahasiswa kita meraih prestasi yang membanggakan sekaligus menjadi tambahan bagi capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) UTU,” kata Ibrahim sesaat setelah menerima penghargaan sebagai juara ketiga Peksimida Aceh XVI.

Dalam kesempatan yang sama, didampingi Koordinator  Prestasi dan Informasi Kemahasiswaan UTU sekaligus Ketua Kontingen UTU, Muhammad Idris, M.Pd., beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor ISBI Aceh atas terselenggaranya dengan sukses kompetensi seni mahasiswa tahun ini dengan baik.

Termasuk juga terima kasih kepada Badan Pembina Olahraga mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Aceh, yang saat penutupan diwakili oleh Sekretaris BAPOMI Aceh, Drs. Abu Bakar, M.Si.

Di tempat terpisah, Rektor UTU Prof Dr. Ishak Hasan, M.Si  menyampaikan rasa gembira atas pencapaian prestasi mahasiswa UTU di ajang PEKSIMIDA tahun 2024 ini.

“Alhamdulillah pencapaian tim mahasiswa UTU tahun 2024 ini meningkat dibandingkan perolehan juara diajang yang sama tahun 2022 lalu yang diselenggarakan di UTU,” Kata Prof Ishak Hasan

Bahkan, syukur sekali tahun ini, kita berhasil mengantarkan salah seorang mahasiswa kita untuk tampil di ajang Peksiminas nantinya yang tentunya akan menjadi pengalaman berharga kepada anak kita, atas nama Putri Ritonga, oleh karenanya saya berpesan tingkatkan kualitas dan terus jaga stamina untuk menuju kompetisi nasional nantinya,” ujar Prof Ishak Hasan.

Rektor juga mengharapkan kedepannya semakin banyak lagi mahasiswa UTU yang mengikuti berbagai ajang perlombaan baik tingkat daerah maupun hingga mencapai tingkat Nasional.

Universitas selalu memberikan dukungan baik secara moril maupun dukungan secara materil bagi mahasiswa yang ikut berbagai macam perlombaan,” ujar Rektor. (Humas)