MEULABOHUTU | Dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, program studi sosiologi Universitas Teuku Umar (UTU) melakukan kerjasama dengan Bappeda kabupaten Aceh Jaya.

Kerjasama yang dilakukan dalam bidang penelitian mengangkat masalah pengembangan kebudayaan dan pendidikan di lingkup Kabupaten Aceh Jaya.

Kepala Bappeda Aceh Jaya Hendri Kusnadi yang di dampingi Kabid Litbang Masri Annur Salmi menjelaskan bahwa penelitian yang akan dilakukan oleh Tim ahli dari Program Studi Sosiologi FISIP UTU yang terdiri dari Sopar Sinambela, M.Si dan Dr. Akmal Saputra, MA serta Ligar Abdillah, M.Si didanai oleh APBK Aceh Jaya tahun anggaran 2023.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa penelitian ini mengusung program yang disebut dengan Sekolah Umum Berbasis Agama (SUBA) salah-satu tujuannya adalah dapat menjadi suatu pengembangan besar dalam peningkatan daya saing daerah dan perekonomian masyarakat.

Pada hari Jum’at, 28 Juli 2023 pukul 14.30 telah dilaksanakan Launching SUBA oleh Pj. Bupati Aceh Jaya Dr. Nurdin, S.Sos.,M.Si bertempat di SMP Negeri 1 Panga.

Pj Bupati menyampaikan bahwa Program SUBA dilaksanakan sebagai salah-satu program yang bertujuan untuk menjawab dikotomi antara pendidikan umum dengan pendidikan pesantren/dayah yang berada di tengah-tengah masyarakat. Kegiatan tersebut juga dihadiri tim peneliti Prodi Sosiologi UTU.

SUBA untuk tahap awal dilaksanakan pada 10 SMP, dengan muatan pembelajaran yang terdiri dari Baca Tulis Qur’an (BTQ), Diniyah/Akhlak dan Hafiz Qur’an dengan tenaga pengajarnya yang berasal dari Teungku Pesantern/Dayah sebanyak 60 orang.  Untuk itu diharapkan tim peneliti yang sudah bekerjasama dengan Bappeda Aceh Jaya dapat merumuskan hasil penelitiannya terhadap pelaksanaan program SUBA.

Lebih lanjut disampaikan bahwa melalui program ini, pemerintah Kabupaten Aceh Jaya berharap agar UTU dapat terus berkerjasama melalui penelitian dan pengembangan dengan Kabupaten Aceh Jaya. (Humas UTU).