MEULABOH – UTU | Mahasiswa prodi Sosiologi Universitas Teuku Umar (UTU) pada Sabtu (27/5/2023) sukses melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dan launching pojok baca di Gampong Blang Geunang, yang dinobatkan sebagai Gampong Sosiologi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat literasi baca anak-anak serta memperbaiki pendidikan di wilayah tersebut.

Dr. Akmal Saputra, MA menyampaikan bahwa sebelumnya kami telah melakukan FGD (Forum Group Discussion) yang dipimpin oleh Nur Ainun Nasution kemudian melakukan upaya pencarian solusi pemberdayaan masyarakat yang disampaikan oleh nurilam Samosir.

“Hari ini, kami hadir dengan harapan untuk meningkatkan literasi melalui program pojok baca bagi anak Gampong Blang Geunang, mereka punya potensi dan semangat belajar yang luar biasa,” kata Dr. Akmal

Ketua prodi Sosiologi UTU Sopar Sinambela, M.Si, dalam kesempatannya mengatakan sangat penting bagi kita untuk meningkatkan minat literasi baca anak-anak, untuk memperbaiki pendidikan dan memberikan akses terhadap bahan bacaan yang berkualitas.

Kami mengucapkan terimakasih kepada para mahasiswa yang sudah menginisiasikan program ini dan juga kepada dosen-dosen Sosiologi diantaranya bapak ligar Abdilah, M.Si dan Riki Yulianda, M.Si yang sudah berkontribusi dalam menyukseskan acara ini.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas pepustakaan dan Kearsipan kabupaten Aceh barat dan Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Aceh barat serta semua pihak yang memberikan bantuan berupa buku bacaan untuk anak-anak masyarakat gampong blang geunang,” ucap Sopar

Sementara itu Camat Kaway XVI, Jumi’in, S.Pd dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kegiatan ini dan memberikan harapan yang sangat besar agar dapat menjalin silaturahmi lagi melalui pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan angka literasi di wilayah tersebut.

“Membaca adalah pintu utama menuju pengetahuan, ayat pertama turun saja berbunyi “iqra’, bacalah “ sambungnya

Sebelumnya Keuchik Sofian, S.Sos merasa bangga dan terharu karena Gampong ini sangat jauh tertinggal, tetapi dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dapat meningkatkan angka literasi anak-anak dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia kerja.

Acara ini dihadiri oleh warga Gampong Blang Geunang yang antusias. Mereka memberikan dukungan penuh terhadap program pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan pendidikan di Gampong mereka.

Semoga program pemberdayaan masyarakat ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang nyata bagi anak-anak di Gampong Blang Geunang. Dari Gampong Sosiologi, mari bersama-sama menciptakan generasi yang cerdas dan siap menghadapi masa depan!

#PemberdayaanMasyarakat #LiterasiBaca #SosiologiUTU #GampongBlangGeunang