MEULABOH – UTU | Program Studi Sumber Daya Akuatik Fakultas Perikanan dan  Ilmu Kelautan Universitas  Teuku Umar menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengusulan akreditasi jurnaal. Kegiatan tersebut berlangsung di ruangan Prodi SDAA dan dihadiri oleh sejumlah peserta dosen sebagai pengelola jurnal JAAS (Journal of Aceh Aquatic Sciences), Kamis s/d Jumat (29 s/d 30/08/2024).

Bimtek ini bertujuan untuk memberikan bimbingan dan arahan kepada pengelola jurnal tentang syarat menuju jurnal terakreditasi nasional, mengetahui strategi dalam proses pengajuan akreditasi dan peningkatan akreditasi jurnal.

Sehingga dapat mempersiapkan diri untuk mengajukan akreditasi SINTA, untuk memberikan strategi bagi pengelola jurnal dalam meningkatkan kualitas tata kelolanya menuju jurnal yang terakreditasi.

Kegiatan Bimtek ini diselenggarakan dalam rangka persiapan pelaksanaan pengajuan akreditasi untuk Jurnal-jurnal yang diterbitkan di lingkungan Universitas Teuku Umar. Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berlangsung sampai dengan selesai, diakhiri dengan penyerahan sertifikat dan plakat serta foto bersama.

Korpus Jurnal UTU, Dr. Ikhsan, S. IP., M.IP dalam paparan materinya menyampaikan tentang syarat-syarat jurnal dapat terakreditasi sesuai standard nasional. Ia juga menyampaikan tips-tips mudah dalam memenuhi persyaratan jurnal terakreditasi nasional dan level akreditasi jurnal dapat naik dan turun sehingga perlu konsisten serta terus meningkatkan kualitas dari jurnal tersebut.

“Semoga dengan kegiatan ini, dapat meningkatkan pengetahuan pengelola jurnal JAAS (Journal of Aceh Aquatic Sciences) tentang tata kelola dan kualitas substansi artikel jurnal secara bertahap serta mampu mempertahankan kualitasnya sehingga dapat bersaing dengan jurnal bereputasi nasional, bahkan di kancah internasional serta akan ada bimtek yang berkelanjutan mengenai jurnal” harapnya.

Selama kegiatan, pengelola jurnal mendapatkan materi dari narasumber yang berpengalaman dan berkesempatan untuk praktik langsung dalam mengelola web jurnal dan mendampingi langsung dalam pengajuan akreditasi jurnal serta mendapatkan masukan maupun evaluasi dari narasumber.

Salah satu peserta, Friyuanita Lubis, M. Sc mengungkapkan antusiasmenya dalam mengikuti Bimtek ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami para pengelola jurnal yang belum terakreditasi ini karena memberikan wawasan baru dan teknik-teknik dalam mengelola web jurnal dengan benar sehingga dapat meningkatkan kualitas jurnal JAAS (Journal of Aceh Aquatic Sciences),” katanya.

Kegiatan Bimtek ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas pengelolaan jurnal JAAS (Journal of Aceh Aquatic Sciences) di Prodi Sumber Daya Akuatik, serta meningkatkan akreditasi berupatsi SINTA. (Humas UTU).