MEULABOH, UTU – Program Wirausaha Merdeka Mahasiswa Akuakultur (PWM-MA) adalah program mahasiswa menciptakan aktivitas usaha dalam bidang budidaya perikanan (akuakultur). PWM-MA dibuat untuk mendorong mahasiswa akuakultur berwirausaha, merealisasikan ide usaha, ajang kompetisi, meningkatkan wawasan dan mendapatkan pengalaman. Mahasiswa akuakultur harus berpikir kreatif dan memiliki inovasi dalam menciptakan usaha sesuai kebutuhan masyarakat (pasar). PMW-MA dilaksanakan di dalam dan di luar kampus dengan rentang waktu 4-5 bulan. Komoditas usaha PMW-MA dapat berupa barang atau jasa yang merupakan gagasan mahasiswa. Pelaku utama wirausaha PWM-MA adalah tim mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya. PWM-MA tidak sematamata berorientasi pada perolehan laba (profit), akan tetapi lebih mengutamakan pada kemanfaatan dan kualitas pelaksanaan usahanya.

Mahasiswa akuakultur dapat mengirimkan ide usahanya melalui usulan proposal pada PWM-MA. Proposal akan direview dan nilai oleh tim juri professional. Proposal usaha yang diajukan akan dikompetisikan. Tiga (3) proposal dengan nilai tertinggi dan layak akan mendapatkan bantuan (insentif mahasiswa wirausaha) untuk merealisasikan ide usahanya.

Sosialisasi PWM-MA kepada mahasiswa sudah dilaksanakan pada tanggal 30 mei 2023. Pengusulan proposal dibuka dari tanggal 17 juli s/d 6 agustus 2023 dan pemenang yang akan mendapatkan insentif wirausaha diumumkan pada 14 agustus 2023. Pendaftaran proposal dapat disulkan melalui link https://bit.ly/Proposal_PWM-MA dan proposal disusun sesuai panduan yang dapat didownload pada https://bit.ly/Panduan_PWM-MA (Ucap Zulfadhli, S.Pi., M.Sc/ PJ pelaksana PWM-MA).

Ketua Prodi Akuakultur, Yusran Ibrahim, S.Pi., M.Si menjelaskan bahwa, aktivitas mahasiswa pada PWM-MA dapat direkognisi (dikonversikan) menjadi SKS Mata Kuliah. Pelaksanaan PWM-MA merupakan bagian aktivitas dari Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Liga 2 Tahun 2023 dan mendukung target pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.