MEULABOHUTU | Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (PPLH-SDA) Universitas Teuku Umar melaksanakan rapat koordinasi, konsolidasi pengurus dan pembahasan program kerja serta penyusunan roadmap dan renstra organisasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat pimpinan lantai II Gedung Rektorat UTU, Selasa (3/10/2023).

Rakor ini dibuka oleh Wakil Rektor II bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd serta dihadiri Dr. Edwarsyah selaku Kepala Pusat PLH-SDA UTU, Dekan FPIK UTU, Dr. Ismail Sulaiman, S.TP., Maitrise, M.Sc IPU, Sekretaris LPPM-PMP Heri Darsan, ST., M.T dan seluruh staff PPLH-SDA.

Dalam arahannya, Prof Nyak Amir menyampaikan bahwa PPLH-SDA UTU diharapkan dapat berkontribusi memberikan sumbangan dan terlibat langsung dalam perkembangan pembangunan di kawasan barat Selatan Aceh Khususnya dan Nasional umumnya.

“walaupun PPLH-SDA UTU baru berdiri, tetap harus bergerak cepat dalam menyusun program kerja yang sesuai  Berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, sehingga dapat membantu peralihan UTU penetapan status dari PTN-Satker (Perguruan Tinggi Negeri sebagai Satuan Kerja Kementerian) menjadi PTN-BLU (Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum). Sehingga membutuhkan pusat-pusat studi/penelitian yang mandiri,” kata Prof Nyak Amir.

Prof Nyak Amir mengharapkan seluruh personil PPLH-SDA dapat meningkatkan etos kerja, profesionalisme dan kebersamaan dan tentunya integritas yang didasari oleh niat berubah menuju hal yang lebih baik. “Semoga PPLH-SDA UTU dapat berkembang dan berkontribusi sesuai dengan perkembangan zaman,” pungkas Prof Nyak Amir.

Mewakili Ketua LPPM – PMP, Heri Darsan menyampaikan dukungan dan siap memfasilitasi PPLH-SDA UTU maupun Pusat-Pusat Studi/penelitian lainnya, sehingga dapat membantu IKU dan peralihan UTU dari Satker menuju BLU .

Hal yang sama disampaikan oleh Dekan FPIK UTU Dr. Ir. Ismail Sulaiman. Ia menyampaikan sudah seharusnya UTU memiliki PPLH-SDA, sehingga dapat membantu pembangunan di kawasan barat selatan khususnya dan Aceh dan Indonesia Umumnya.

Sebagai Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam  perlu adanya pengakuan Negara memiliki lisensi sebagai Tempat Uji Kompetensi, Sertifikasi Anggota Penyusun Amdal dan Ketua Tim Penyusun Amdal ini sangat penting .

Ketua PPLH-SDA UTU Dr. Edwarsyah, S.P., M.P menyampaikan bahwa Tujuan dilaksanakannyan Rapat Koordinasi, Konsolidasi, Proker, Penyusunan Roadmap dan Renstra sangat penting adalah untuk memperteguh atau memperkuat, dan sebagai langkah awal dalam menyusun arah dan program kerja kedepan. (Humas UTU).