MEULABOH, UTU – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Universitas Teuku Umar melakukan kunjungan ke Desa Paya Peunaga pada Senin, 19 Juni 2023. Kegiatan dengan Tema “Pena Ilmu : Dalam Mewujudkan Cakap Literasi Masyarakat Desa Paya Peunaga” tersebut dilaksanakan setelah pengumuman lolos proposal Pendanaan yang sebelumnya telah diajukan Tim PPK Ormawa KSR-PMI Unit UTU pada 15 Juni 2023.

Kunjungan yang dilakukan guna memberi informasi sekaligus mengkonfirmasi  bahwasanya Tim PPK Ormawa KSR-PMI Unit UTU telah lulus pendanaan dan akan melaksanakan kegiatan di Desa Paya Peunaga selama 4 bulan. Tim disambut hangat oleh Geucik dan Kasi Pemerintahan Gampong Paya Peunaga di kantor desa setempat.

“Kami mengucapkan selamat datang dan berterimakasih kepada adik-adik Mahasiswa yang mau beragi ilmunya kepada masyarakat yang tentunya akan bermanfaat positif untuk dalam pengembangan desa, dan Insyaa Allah dalam waktu dekat akan menfasilitasi tim  bertemu dengan masyarakat untuk mensosialisasikan agenda yang akan dilakukan,” Ungkap, Ikhsan selaku Geuchik Gampong Paya Peunaga.

Pada kesempatan yang sama, Fitriani SKM, M.Kes selaku pembimbing Tim PPK Ormawa KSR-PMI Unit UTU menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan  program penguatan kapasitas ormawa melalui serangkaian proses pembinaan ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat desa, dengan topik yang dipilih adalah desa/kelurahan cerdas melalui 6 jambo literasi (bahasa, menulis, membaca, internet, komputer dan budaya), sehingga dapat mewujudkan cakap literasi di desa Paya Penaga.

Sementara itu, Ketua Tim PPK Ormawa KSR-PMI Unit UTU, Nabila Widyastuti menceritakan kembali bagaimana perjalanan penyusunan proposal sampai di danai oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), yang tentunya didukung penuh oleh Universitas Teuku Umar, pembimbing dan termasuk Geuchik Desa Paya Peunaga yang ikut berkontribusi dalam memberikan data dan menyediakan waktu saat Problem Solving di desa. Disamping itu Nabila menambahkan bahwa Tim mereka akan melaksanakan kegiatan dengan maksimal sesuai dengan agenda program yang telah disusun. (Humas UTU)