MEULABOHUTU | Tim PPK ORMAWA PRISMA FKM UTU mengadakan kegiatan Launching Sekolah Wanita dan Kelompok Wanita Kreatif  dan Lokakarya sekaligus Penandatanganan Kerjasama Bersama dengan para SKPK Aceh Barat, Selasa (17/9/2024).

Hadir dalam acara tersebut, Pj. Bupati Aceh Barat yang diwakili Asisten Pemerintahan Nyak Na, SE., M.Ak, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ibrahim, S.K.M., MNSc, Dekan FKM UTU Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.P.H dan Fitriani S.K.M., M.kes selaku Dosen Pendamping, Maimun, S. STP selaku Camat Meurebo, Kab. Aceh Barat, Sulaiman BS selaku Keuchik Desa Ujong Tanoh Darat.

Adapun dari SKPK terkait hadir Dinas Pemberdayaan masyarakat Gampong (DPMG), Dinas Pertanian, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Dinas Sosial dan Dinas Lingkungan Hidup. Hadir juga seluruh Kader Sekolah Wanita dan Kader Kelompok Wanita Kreatif maupun seluruh masyarakat Desa Ujong Tanoh Darat.

Rifaldi selaku Ketua PPK ORMAWA PRISMA FKM UTU dalam laporannya menyebutkan program mereka telah berjalan kurang lebih 4 bulan dan acara ini merupakan acara Launching dan Lokakarya produk yang telah di hasilkan oleh Kelompok Wanita Kreatif.

Besar harapannya nantinya setelah kegiatan, pihak terkait dapat terus mengembangkan kegiatan Sekolah Wanita dan Kelompok Wanita Kreatif dan terus berinovasi dengan hal-hal baru pada Desa”.

Warek III Ibrahim dalam sambutannya berharap melalui program ini, perempuan dapat lebih percaya diri dalam berinovasi, menciptakan peluang ekonomi baru, serta dapat mengambil andil untuk kegiatan yang ada di desa atau di lingkungan sosialnya.

Ibrahim juga berharap Sekolah Wanita ini akan menjadi model pengembangan sumber daya manusia yang efektif dan berkelanjutan di berbagai daerah yang dapat menginspirasi perempuan lainnya untuk terus maju dan berkembang.

Kemudian Dekan FKM Dr. T. Alamsyah juga menyampaikan harapannya untuk program ini dapat mendorong kreativitas dan inovasi di kalangan perempuan, sehingga mereka mampu menghasilkan produk-produk yang tidak hanya memiliki nilai ekonomi, tetapi juga memperkuat identitas dan budaya lokal.

Sementara Nyak Na mewakili PJ Bupati Aceh Barat menyampaikam bahwa Perempuan perlu menjadi sebuah tonggak untuk pembangunan dasar kelurga dan desa, pengembangan masyarakat dengan meliputi berbagai lintas sektoral ini sangat diperlukan di seluruh Desa di Aceh Barat ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pengukuhan dan pengesahan Kader dilakukan Oleh Sulaiman BS Selaku Keuchik Ujong Tanoh Darat bersama Maimun S, STP selaku Camat Meureubo. Tak hanya sampai di situ, setelah adanya penandatanganan SK, acara kembali di lanjutkan dengan penandatanganan MOU dan MOA antara Universitas Teuku Umar melalui Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Dr. T. Alamsyah bersama para Dinas Terkait lingkup Aceh Barat.

Para peserta melakukan lokakarya yang memaparkan beberapa hasil karya kerajinan para kelompok wanita Desa Ujong Tanoh Darat yang telah di pasarkan dan di perjual belikan secara Online maupun tradisional dan setelahnya di akhiri dengan acara makan bersama oleh seluruh tamu undangan. (Humas UTU).