MEULABOHUTU | Universitas Teuku Umar (UTU) dan Universitas Muhammadyah Aceh (UNMUHA) sepakat menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk memperkuat kemitraan dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Penandatanganan dilakukan oleh Rektor UTU, Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si dan Rektor UNMUHA Dr. Aslam Nur. MA, yang berlangsung di ruang rapat senat Kampus UTU, GKT pada Selasa 30 Mei 2023.

Melalui MoU ini, kedua perguruan tinggi akan bekerja sama dalam berbagai bidang yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang pendidikan, kerjasama akan dilakukan dalam pengembangan kurikulum, pertukaran mahasiswa dan dosen, pendampingan sertifikasi dan akreditasi serta pengembangan program studi.

Sementara itu, dalam bidang penelitian, UTU dan UNMUHA akan bekerja sama dalam pelaksanaan penelitian bersama, pengembangan pusat penelitian, dan pertukaran informasi tentang riset yang sedang dilakukan. Kerjasama juga akan dilakukan dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, dengan fokus pada pemberdayaan masyarakat.

Rektor UTU, Dr. Ishak Hasan, M.Si dalam kesempatannya menyampaikan MoU ini merupakan langkah penting dalam mengembangkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi yang dipimpinnya.

“Tanpa kerjasama mustahil UTU mampu sejajar dengan perguruan tinggi lainnya, maka dari itu kerjasama ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita” ujarnya.

Selanjutnya, rektor berharap dalam kerjasama ini bisa memaksimalkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) antara kedua perguruan tinggi. “Kami berharap semua fakultas bisa menindaklanjuti MoU siang hari ini dengan melaksanakan MBKM,” harapnya.

Sementara itu, Rektor UNMUHA, Dr. Aslam Nur. MA  menyambut baik kerjasama dengan UTU. Beliau memberikan atensi dan apresiasi khusus atas prestasi UTU khususnya prestasi mahasiswa. “Kami yakin kerjasama ini akan membawa manfaat yang besar bagi kedua perguruan tinggi dan masyarakat,” katanya.

Lanjutnya, acara ini sangat penting untuk saling berbagi dalam berbagai hal yang berhuhungan dengan pengembangan kualitas kedua kampus seperti menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan kegiatan lainnya.

Setelah penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan penandatangan MoA atau PKS antara Fakultas Teknik UTU dan Fakultas Teknik UNMUHA. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi antar perguruan tinggi dalam rangka optimalisasi dan menentukan bentuk kerjasama yang dapat  diimplementasikan kedepannya.

Turut hadir dalam acara penandatanganan MoU tersebut dari unsur pimpinan UTU yaitu Wakil Rektor II, Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd, Dekan Fakultas Teknik, Dr. Ir. Irwansyah, M.Eng, IPM, Dekan FKM, Dr. T. Alamsyah, S.K.M., M.P.H, Dekan FPIK, Dr. Ir. Ismail Sulaiman, S.TP., Maitrise., M.Sc., IPU, Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Rusydi Faizin, M.Si, pengurus DWP dan sejumlah dosen lingkup UTU.

Sementara dari rombongan UNMUHA turut hadir mendampingi Rektor, Wakil Rektor 2, H. Almanar, S.H., M.H; Wakil Rektor 3, Dr. Ir. H. M. Zardan Araby, M.T; Dekan FT Dr. Ir. Hj. Hafnidar A. Rani, S.T., M.M, IPU, ASEAN Eng. Selain itu hadir juga pejabat UNMUHA lainnya yaitu Kepala Biro Adm. Umum, Dr. Nuzulman, S.E, M.Si, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni, Surya Fatma, S.E, M.Si dan Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) dan Kerjasama Dr. Febyolla Presilawati, S.E., M.M. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)