MEULABOHUTU | Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar melaksanakan pemilihan ketua Program Studi periode 2023-2027 dalam melanjutkan keberlangsungan pelayanan akademik dan administrasi mahasiswa di Prodi Ilmu Administrasi Negara.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (22/6/2023) bertempat di ruang rapat Prodi, lantai 2 Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT) Kampus UTU. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Prodi, Sekretaris Prodi dan para Dosen dilingkup Prodi Ilmu Administrasi Negara.

Sesuai dengan statuta, proses pemilihan hanya memilih ketua prodi, sedangkan perangkat prodi lainnya, seperti sekretaris prodi dan ketua laboratorium akan ditentukan oleh ketua prodi terpilih.

Agatha Debby Reiza Macella, M.Si selaku sekretaris prodi menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk memilih ketua prodi yang baru menyusul berakhirnya masa tugas ketua prodi sebelumnya.

Dalam musyawarah, muncul tiga nama yang dianggap memenuhi kriteria untuk mengajukan diri sebagai calon Ketua Prodi yaitu Dr. Ikhsan, M.IP, Dr. Vellayati Hajat, M.A dan Nodi Marefanda, M.A.P.

Forum mempersilahkan masing-masing bakal calon untuk menyampaikan kesediaan dan komitmen untuk memimpin prodi IAN untuk periode 2023-2027. Dr. Vellayati Hajad dengan berbagai pertimbangan menyatakan ketidaksediaannya untuk dicalonkan sehingga hanya muncul dua nama untuk dipilih sebagai ketua prodi yaitu Dr. Ikhsan dan Nodi Marefanda.

Setelah melewati dinamika forum yang lumayan alot, akhirnya diputuskan untuk dilakukan pemilihan secara tertutup dan demokratis untuk menentukan ketua Prodi IAN yang baru.

Sebanyak 21 dari 24 orang dosen Prodi IAN memberikan hak suaranya, maka diperoleh hasil suara pada pemilihan ini yaitu Dr. Ikhsan, M.IP memperoleh 8 suara, dan Nodi Marefanda, M.A.P memperoleh 13 suara. Maka, atas hasil pemilihan ini Nodi Marefanda ditetapkan sebagai Ketua Prodi IAN terpilih Periode 2023-2027.

Dalam sambutannya setelah ditetapkan sebagai Kaprodi terpilih, Nodi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan program pemilihan  ketua prodi baru, khususnya kepada Ibu Safrida, M.A.P atas kepemimpinannya selama ini yang telah membawa prodi IAN pada sejumlah pencapaian terbaik, kita siap untuk melanjutkannya.

Nodi juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh dosen di lingkup Prodi IAN yang telah ikut berpartisipasi dalam suksesi kepemimpinan prodi IAN, sembari mengajak semuanya untuk bekerjasama membangun prodi IAN ke arah yang lebih baik.

“Sebagai ujung tombak kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tentu kita akan melakukan berbagai upaya peningkatan berkelanjutan, diantaranya dengan meningkatkan kolaborasi dosen, penerapan program MBKM dan melanjutkan sejumlah program yang telah dirintis sebelumnya,” pungkas Nodi Marefanda.

Pada kesempatan tersebut, Safrida, M.A.P juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh dosen Prodi IAN yang selama ini telah bahu membahu memajukan prodi IAN dalam berbagai program.

“Pada kesempatan ini saya juga undur diri selain dari kaprodi menyusul telah terpilihnya kaprodi yang baru, namun saya juga akan melanjutkan studi doktoral ke pulau jawa, mohon doa dan dukungan bapak ibu semua,” pungkas Safrida (Aduwina Pakeh / Humas UTU).