MEULABOH – UTU | Disetiap Bulan Ramadhan tiba, buka puasa bersama mejadi salah satu agenda yang kerap dilakukan. Momen berbuka puasa bersama (Bukber) adalah sebagai sarana mempererat silaturahmi dan Ukhuwah dan bisa juga ajang reuni kembali dengan teman-teman yang sudah lama tidak berjumpa, karena kesibukan yang dimiliki masing-masing.

Buka puasa bersama tidak hanya makan bersama saja, tetapi bisa bernostalgia mengenang indahnya masa lalu. Ini salah satunya acara buka puasa bersama yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADISTRA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Teuku Umar pada Minggu (09/04/2023).

Kegiatan tersebut dirangkai dengan berbagi Takjil berbuka di Jl. Nasional Meulaboh- Tapak Tuan Simpang Alue Peunyareng Desa Gunong Kleng, kemudian dilanjutkan dengan santunan Anak yatim, Tausyiah Ramadhan dan buka puasa bersama di Aula utama Kampus UTU.

Oka Yulia selaku ketua Panitia Pelaksana didampingi oleh Safaruddin Ketua HIMADISTRA menyampaikan kegaiatan ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan oleh HIMADISTRA untuk mempererat silaturahmi dengan sesama mahasiswa dan keluarga besar Program Studi Ilmu Administrasi Negara.

Kegiatan yang mengambil tema “Satukan Tekad, Satukan Niat dengan Menguatkan Ukhuwah Islamiah Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara di Bulan yang Penuh Berkah” ini diisi ceramah agama oleh Ir. Tgk. Sulaiman Ali, ST., MT.

Dalam tausyiahnya, Sulaiman Ali menyampaikan tentang Adab-adab menuntut Ilmu diantaranya mencari ilmu untuk diamalkan bukan mencari ilmu untuk mengejar gelar atau titel yang banyak, kemudian adab menuntut ilmu yaitu sedikit tapi terus menerus lebih baik dari pada banyak tapi sekali, kata Rasulullah Adwamuha Wa In Qalla lebih baik beramal sedikit tidak putus, tapi amal banyak cuma sekali.

Sulaiman Ali yang juga Koordinator Pusat P3AI pembinaan karakter mahasiswa UTU, adapun adab-adab menuntut ilmu jika tidak tau bertanya, dalam surah An-Nahl ayat 43 maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui, Fasalu ahla zikri inkuntum la taklamun.

Pada penyampaian penutup dari Tausyiah Ramadhan sebelum berbuka puasa, Sulaiman Ali menambahkan banyak sekali hikmah yang dapat diambil dari kegiatan Ramadhan ini, selain pahala yang didapatkan puasa juga sebagai sarana menanamkan karakter positif ujar nya.

Kegiatan ini turut hadir Dosen dan Alumni Program Studi Ilmu Administrasi Negara, dalam sambutan Ketua Jurusan yang diwakili oleh Najamudin, M.Si mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh HIMADISTRA FISIP UTU. (Humas UTU).