MEULABOHUTU | Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Teuku Umar menargetkan Desa meureubo menjadi sentra ikan asap.

Produk ikan asap akan dijadikan sebagai produk unggulan ciri khas meureubo. Upaya ini dilakukan salah satu untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat Desa meureubo.

Tim PPK Ormawa BEM FP UTU menjadikan digital marketing sebagai saluran pemasaran dari produk ikan asap. Tim mulai melakukan pendampingan kepada POKDAKAN dalam pembuatan akun marketplace shoppe pada hari sabtu 28 oktober 2023 yang sudah siap untuk para konsumen melakukan PO ( Pesan Order).

Selanjutnya POKDAKAN binaan melakukan produksi ikan asap pada hari minggu 1 november 2023. Produksi dilakukan sesuai standar yang ditetapkan standar nasional nomor 6 tahun 2019 tentang skema penilaian kesesuaian terhadap standar nasional Indonesia sektor pangan.

Kemudian produk ikan asap POKDAKAN mendapatkan pemesanan pertama melalui shoppe pada hari jumat 6 november 2023. Selanjutnya, anggota kelompok didampingi tim PPK Ormawa melakukan pengiriman produk ikan asap pada hari kamis 9 november 2023 menuju ke lokasi Sumatera Utara.

Dedy darmansyah, S.P,. M.Si selaku dosen pendamping menyambut baik terkait telah dimulainya pembelian terhadap produk ikan asap POKDAKAN yang di dampingi tim ppk ormawa bem fp utu melalui marketplace shoppe. Alhmdulillah, POKDAKAN binaan tim PPK Ormawa BEM FP UTU mendapatkan pesanan pertama produk ikan asap melalui shoppe yang akan di kirimkan ke Sumatra Utara pada hari kamis 9 november 2023.

Ini menjadi target utama kegiatan pendampingan mulai dari hulu hingga hilirisasi produk POKDAKAN melalui digital marketing Harapan kedepannya setelah kegiatan ppk ormawa ini selesai, masyarakat Desa meureubo yang tergabung dalam POKDAKAN dapat melakukan produksi ikan secara berkelanjutan dan mendapatkan keuntungan dari proses penjualan agar usaha kelompok dapat berjalan dengan mandiri.

Begitu juga dengan mahasiswa yang telah melakukan pembinaan kepada masyarakat diharapkan setelah selesai menjadi alumni yang dapat berkontribusi dalam memanfaatkan potensi saat kembali ke daerah masing-masing berdasarkan pengalaman PPK Ormawa.

Ketua tim ppk ormawa BEM FP UTU Cut Linda Nazhari berharap bahwa dengan dimulai nya pengiriman pertama produk ikan asap ini, semoga akan ada konsumen-konsumen selanjutnya yang tertarik dan menyukai produk ikan asap khas meureubo, sehingga ibu-ibu Desa Meureubo yang tergabung dalam POKDAKAN (Kelompok Pembudidaya Ikan) mendapatkan hasil yang memuaskan, serta diharapkan akan terciptanya POKDAKAN lainnya di desa meureubo, sehingga desa meureubo menjadi sentra ikan asap yang terkenal di provinsi Aceh.

Bapak Daud selaku Sekdes Meureubo mengatakan, jika memang ada keseriusan masyarakat dalam mengelola POKDAKAN maka dari Desa akan mengajukan penambahan kolam dan rencananya akan di sebarkan di dua Dusun lagi di Desa Meureubo yang belum terbentuk POKDAKAN, tentunya dengan hal ini juga dapat menambah produksi ikan asap di Desa Meureubo dan menambah skala produksi, ujarnya. (Humas UTU).