MEULABOHUTU | Mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Stingrays Diving Club (UKM-SDC) Universitas Teuku Umar (UTU) bersama Pusong Diving Club (PDC) Aceh Barat Daya, Kamis (17/8/2023), sukses mengibarkan bendera merah putih di dasar laut Pulau Gosong, Abdya.

Aksi itu dilakukan mahasiswa dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Ke-78 RI. Aksi pengibaran bendera di bawah air untuk yang kedua kalinya di dasar laut perairan Aceh Barat Daya itu berpusat di kawasan pulau gosong di kedalaman 12 meter.

“Proses pengibaran sang saka merah putih tersebut dimulai pada pukul 09.30 WIB, dan melibatkan tim penyelam dari Unit Kegiatan Mahasiswa Stingrays Diving Club UTU bersama Pusong Diving Club Abdya” ujar Ketua Umum UKM SDC UTU, Aris Yusdi dalam siaran pers yang diterima Humas UTU, Kamis (17/8/2023).

Disebutkan dia, kegiatan pengibaran bendera merah putih di bawah laut itu juga bagian akhir dari rangkaian pelatihan sertifikasi anggota baru UKM SDC untuk mengambil Lisensi selam yang telah berlangsung dari tanggal 13 hingga 17 Agustus 2023.

Kegiatan yang dikoordinir dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Munandar, S.Kel., M.Sc selaku pembina UKM-SDC itu tepat dilakukan pada tanggal kemerdekaan RI dengan tujuan untuk memeriahkan HUT RI.

“Kami sangat bangga dan berbahagia karena dapat mengibarkan bendera merah putih di bawah air, karena ini termasuk cita-cita kita dari organisasi untuk dapat membanggakan kampus, terutama organisasi UKM-SDC,” ucap Aris Yusdi

Untuk pelaksanaan pengibaran sang saka merah putih di kedalaman laut, sebutnya, melibatkan 10 orang. Mahasiswa bersama atlet PDC menggunakan perahu nelayan dan alat selam, kemudian berenang jauh dari bibir pantai. Lalu baru menyelam bersama-sama untuk mengibarkan bendera.

“Mudah-mudahan juga, kegiatan ini akan berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya dan juga bertambah pula pesertanya. Semua peserta yang menyelam tersebut sudah memiliki sertifikasi selam minimal A1 atau sering disebut dengan Open water,” Sambung Pembina SDC UTU, Dr. Munandar

Sementara itu, Erijal salah seorang pendiri PDC Andya mengatakan setelah selesai dilakukan pengibaran bendera merah putih di bawah laut, semua penyelam melakukan kegiatan monitoring kondisi terumbu karang dan fun Dive di pulau gosong abdya.

“kami melihat kondisi terumbu karang di perairan pulau gosong yang dimana kondisi terumbu karang semakin membaik di beberapa titik penanaman terumbu karang sebelumnya yang dilakukan oleh anggota PDC abdya” kata Erijal (Humas UTU).