MEULABOHUTU | Prestasi kembali di persembahkan oleh mahasiswa Universitas Teuku Umar, kali ini di ajang Art Festival Nusantara 2023, Sabtu (07/10). Festival ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar Art Fest Nusantara, Jumat, 6 Oktober 2023 di Gedung AAC Dayan Dawood USK.

Art Fest Nusantara merupakan kegiatan perlombaan di bidang seni yang dilaksanakan selama tiga hari, sejak 6 hingga 8 Oktober 2023. Kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh BEM FKIP USK dengan skala nasional ini diikuti oleh 10 provinsi dan 14 universitas di seluruh Indonesia.

Kegiatan yang bergerak di bidang seni ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan peduli terhadap budaya, sehingga anak negri dapat menyadari bahwa negri ini kaya akan seni dan budaya.

Adalah Fajar Abadi, mahasiswa Prodi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Teuku Umar  berhasil meraih juara 2 dalam bidang solo vocal.

Fajar mengatakan perlombaan yang diperlombakan meliputi vokal solo putra dan putri, tari berpasangan dan band.

“saya mengikuti di kategori Solo vocal putra, tercatat ajang ini diikuti oleh 14 Universitas dari berbagai wilayah di Indonesia. Alhamdulillah saya berhasil keluar sebagai juara II,” Fajar

Terkait persiapan dalam menghadapi lomba Fajar melakukan latihan vokal, pernapasan, dan ekspresi, serta menjaga kesehatan.

Diawali dengan babak penyisihan secara online dan diambil 3 besar untuk selanjutnya mengikuti babak final secara offline di Kampus USK. “Alhamdulillah sangat bersyukur bisa menjuarai lomba ini. Harapannya bisa mengikuti lebih banyak lomba dan menggali potensi diri lebih dalam lagi”, katanya

Menyampaikan pesan motivasi untuk mahasiswa UTU lainnya yang ingin mengikuti kompetisi serupa, Fajar menekankan pentingnya semangat, tekad, dan disiplin tinggi untuk mewujudkan impian.

Dia juga menyarankan agar terus berlatih dan mengasah kemampuan tanpa henti serta tidak pernah patah semangat. Pesan Fajar untuk tidak lupa berdoa pun menjadi mantra bagi mereka yang ingin meraih prestasi di bidang seni.

“Sebisa mungkin kita harus dalam keadaan yang baik sehingga dapat fokus mempersiapkan dan menjalani perlombaan. Selain itu, jangan lelah untuk terus berlatih, asah kemampuan diri, tidak patah semangat, istirahat cukup, dan yang paling utama jangan lupa berdoa,” ujarnya.

Menatap masa depan, Fajar berharap, perjalanan pendidikan dan kariernya selalu lancar dan diberi kemudahan. Ia juga berambisi untuk memberikan dampak positif bagi dirinya sendiri, keluarga, dan masyarakat luas, melalui karya-karyanya di dunia seni musik. (Aduwina Pakeh / Humas UTU)